Penerapan Free Flow di Gate Jalan Tol Butuh Internet Andal


WE Online, Jakarta

Astra Toll Road sebagai salah satu operator jalan tol di Indonesia tengah berupaya meningkatkan layanannya. Untuk mendukung upaya itu diperlukan jaringan internet yang andal di sepanjang ruas jalan tol yang dikelolanya.

Demikian diungkapkan oleh Krist Ade Sudiyono, Presiden Direktur PT Marga Mandalasakti (anak usaha Astra Toll Road) dalam kesempatan penandatanganan kerja sama dengan Link Net, salah satu penyedia layanan fix broadband, Senin (12/8/2019).

Menurutnya, Astra Toll Road menjalankan bisnis utama operator jalan tol, bukan operator internet. Karena itu, sinergi dengan pihak yang berkompeten diperlukan.

Baca Juga: Bukan Cuma Konsesi Jalan Tol, Investor Juga Minati Saham Waskita Karya

Sebagai operator jalan tol, lanjut Krist, Astra Toll Road perlu melakukan berbagai hal penting untuk menambah kelancaran lalu lintas di jalan tol. Seperti pada gate maupun di sepanjang ruas jalan.

Untuk meningkatkan kelancaran itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, di antaranya free flow, sistem pembayaran e-wallet. Perusahaan saat ini juga sedang mendesain intelijen trafik manajemen sistem atau sentralisasi monitor lalu lintas jalan tol. Dengan ini pihak pengelola akan lebih cepat bereaksi ketika ada kejadian di sepanjang jalan tol.

Selain itu, setelah dibangun, jalan tol juga perlu dipelihara. Sementara pemeliharaan selama ini sifatnya masih primitif dan konvensional, di mana pengelola jalan tol baru bereaksi setelah ada kejadian. Namun dengan monitoring, nantinya kondisi jalan dapat dipantau secara real time, sehingga pemeliharaan dapat dilakukan secara prediktif.

“Jadi, istilahnya selain punya jalan fisik, kita juga harus punya jalan virtual,” jelas Krist.

Baca Juga: Jalan Tol Cipali Lakukan “3E” untuk Kurangi Angka Kecelakaan

Sebetulnya di beberapa titik sudah diterapkan trafik manajemen, tapi platform yang tersedia kurang mumpuni. Untuk melakukan semua itu, lanjut Krist, dibutuhkan internet yang andal. Kerja sama dengan Link Net, menurut Krist, akan mewujudkan layanan jalan tol yang lebih andal pula.

Related Posts

Pengertian Badan Hukum

Badan atau organisasi yang oleh hukum diperlakukan sebagai orang, yaitu memegang hak dan menanggung kewajiban (legal entity). Otoritas Jasa Keuangan ...
Daftar istilah konstruksi

Daftar istilah konstruksi bangunan

Daftar istilah konstruksi - Abutment adalah bagian bawah tumpuan struktur jembatan Agregat campuran adalah bahan batu-batuan yang netral (tidak bereak...