Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) menyatakan bahwa semua golongan kendaraan terhitung mulai tanggal 1 April 2017 pukul 00.00 WIB sudah bisa melewati, Jembatan Cisomang di KM 100+700 jalan tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi) Jawa Barat.
“Ahamdulillah penanganan darurat jembatan sejak akhir tahun lalu sesuai rencana dan insya Allah mulai 1 April, semua kendaraan sudah bisa melewatinya,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono kepada pers di lokasi Jembatan Cisomang, Senin (27/3/2017).
Namun, kata Basuki, untuk kendaraan angkutan berat golongan lima beban gandar yang bisa melewati maksimum 10 ton dan beban kendaraan maksimum 45 ton.
“Nanti operator jalan tol dan Korlantas Polri akan melakukan dan mereka yang melanggar akan dikeluarkan dari jalan tol,” katanya.
Basuki juga menyebutkan untuk mendeteksi angkutan berat dengan beban berlebih di jalan tol akan menggunakan teknologi “Weight in motion Design” Para pelanggar dari arah Jakarta menuju Bandung akan dikeluarkan di KM 72, sedangkan sebaliknya di KM 120,” katanya.
Basuki juga menegaskan pelarangan truk beban lebih ini secara bertahap akan diterapkan di seluruh ruas jalan nasional.
“Kami juga sudah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan dan Korlantas Polri akan menetapkan hal ini secara nasional. Jadi, nanti ada semacam Surat Keputusan Bersama,” kata Basuki.
Basuki juga menambahkan pihaknya juga sudah menginstruksikan kepada seluruh Badan Usaha Jalan Tol untuk melakukan monitoring terhadap seluruh jembatan tol yang dioperasikan.
“Jembatan panjang setipe ini di jalan tol lain juga banyak seperti di Tol Cipali, Semarang-Solo. Kalau tidak dilaksanakan, akan ada sanksi terkait SPM-nya (Standar Pelayanan Minimum). Kenaikan tarifnya bisa ditunda,” kata Basuki.
Dirut PT Jasa Marga Tbk Desi Arryani menyatakan kesiapannya untuk melakukan koordinasi dengan pihak terkait, khususnya untuk sosialisasi dan pelarangan truk dengan beban maksimal 45 ton lima gandar.
“Truk overload di jalan tol itu sekitar 70 persen dan ini sudah saatnya ditertibkan karena dampaknya tidak hanya merusak jalan, juga mengancam keselamatan di jalan dan jalan tol,” kata Desi.
Terkait dengan perbaikan Jembatan Cisomang, Desi memperkirakan menghabiskan anggaran sekitar Rp135 miliar.
Lima Pekerjaan
Basuki juga merinci, terkait dengan pekerjaan perbaikan jembatan sejak akhir tahun lalu, terdiri, satu berupa pengupasan tanah (cutting) di sekitar A1 PO P1, kedua pemasangan “Strutting Baja” penghubung pilar P2- P3.
Kemudian, ketiga berupa pemasangan “Bored-pile” pada pilar P2 dan “Soldierpile” di antara pilar P1-P2, keempat berupa pemasangan “Connection Beam” dari pilecap pilar P2 “Grouting Epoxy” pada A1, PO, Pl, P2, PS, A2.
Kemudian, terakhir kelima pemasangan selimut (Carbon Reinforced Fiber Polymer/CFRP) sebagai perkuatan pilar P2, P3, dan P4.
“Penanganan pekerjaan jembatan fokusn pada dua dua hal yakni menghentikan pergerakan pada pilar-pilar dan mengembalikan kekuatan struktur jembatan,” demikian Basuki. (Ant)
Menghadapi persaingan dalam dunia konstruksi semakin ketat. Perusahaan Anda mungkin sudah memiliki kualitas kerja yang baik, tetapi tanpa memiliki sertifikasi yang tepat, seperti SBU Konstruksi, SKK Konstruksi, atau Sertifikat ISO, peluang untuk memenangkan tender besar bisa lenyap. Reputasi perusahaan dipertaruhkan, dan proyek-proyek besar yang seharusnya dapat Anda menangkan malah jatuh ke tangan kompetitor.
Bayangkan jika, setelah berbulan-bulan merencanakan dan mengajukan tender, Anda kalah hanya karena kurangnya sertifikasi yang diperlukan. Kompetitor Anda yang memiliki SBU Konstruksi, SKK Konstruksi, dan Sertifikat ISO tampak lebih profesional dan terpercaya di mata pemberi tender. Rasa frustrasi melihat kesempatan berlalu begitu saja karena kurangnya pengakuan formal akan kualitas dan standar yang sebenarnya Anda miliki.
Kini saatnya untuk mengubah strategi Anda. Dengan mengamankan SBU Konstruksi, SKK Konstruksi, dan Sertifikat ISO, Anda tidak hanya meningkatkan peluang memenangkan tender, tetapi juga mengokohkan reputasi perusahaan Anda sebagai pemimpin industri yang terpercaya. Sertifikasi ini adalah investasi yang tidak hanya membuka pintu ke proyek-proyek besar, tetapi juga memberikan jaminan kualitas kepada klien bahwa Anda adalah pilihan terbaik. Segera lengkapi sertifikasi Anda, dan buktikan bahwa perusahaan Anda siap memenangkan persaingan di pasar konstruksi!
Dapatkan Layanan Prioritas dengan menghubungi tim kami
Sertifikasi.co.id adalah mitra terpercaya dalam pengurusan sertifikasi profesi dan badan usaha di seluruh Indonesia. Kami menawarkan:
- Proses Cepat: Layanan yang efisien dan responsif.
- Keamanan Data: Menjaga kerahasiaan dan keamanan informasi Anda.
- Investasi dengan ReturnTerbaik: Paket layanan dengan nilai maksimal.
Kami siap mendampingi proses sertifikasi yang meliputi :
- ISO 9001 (QMS), 14001 (EMS), 45001 (OHSAS) , 22000, 27001 (ITSMS), 37001 (SMAP)
- SKK Konstruksi (SKA/SKT): Sipil, Mekanikal, Manajemen Pelaksanaan, K3, Manajemen Proyek.
- SBU (Sertifikat Badan Usaha) LPJK Kementerian PUPR: BUJK Nasional (Kecil Menengah, Besar, Spesialis), BUJK Asing
- SMK3 KEMNAKER RI PP 50 Tahun 2012
- AHLI K3 UMUM KEMNAKER
- Sertifikasi Alat Kemnaker RI: SIA/SILO/Suket K3 Alat (Excavator, Buldozer, Crane, Wheel Loader dll)
- Sertifikasi Operator Alat Kemnaker RI: Surat Ijin Operator SIO (Excavator, Buldozer, Crane, Wheel Loader dll)
- Pengurusan PT, CV & Virtual Office
- NIB (Nomer Induk Berusaha)
- LAI AKP (Laporan Akuntan Publik)
- SNI (Standar Nasional Indonesia)
- Serkom Kelistrikan / SKTTK DJK ESDM
- SBU JPTL (Sertifikat Badan Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik) DJK ESDM
- SIUJPTL (Surat Ijin Usaha Badan Jasa Penunjang Tenaga Listrik)