AP II Akan Bangun Terminal 4


WE Online, Tangerang

PT Angkasa Pura II (Persero) akan membangun terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten untuk menampung 100 juta penumpang pada 2025.

“Untuk menampung 100 juta penumpang harus ada tambahan terminal. Terminal 4 ini akan kami bangun,” kata Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin dalam peninjauan bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Tangerang, Minggu.

Dia mengatakan tahun ini akan dilakukan penyusunan rancangan dasar terlebih dahulu, baru kemudian dilakukan kajian teknis atau “detailed engineering design” (DED).

“Urutannya harus mengosongkan lahan dulu di sana karena harus menyiapkan lahannya, tahun ini ‘basic design’ (desain dasar)kemudian DED,” katanya.

Awaluddin mengatakan pihaknya juga akan merekrut konsultan yang sudah berpengalaman dalam membangun terminal bandara kelas dunia, bisa konsultan asing maupun kerja sama.

“Minimal yang sudah pengalaman bangun ‘global standard terminal’, desain juga harus sedetail dan harus sinkron dengan terminal-sebelumnya,” katanya.

Dia menambahkan apabila prosesnya sesuai dengan jadwal pengerjaan, maka 2019 akhir akan dimulai pembangunan terminal 4.

“Artinya mulai sekarang hingga 2025 itu pembangunan paralel terus tidak berhenti,” katanya.

Awaluddin menyebutkan kapasitas terminal 4 kurang lebih sama dengan Terminal 3 yang bisa menampung 25 juta penumpang per tahun.

Untuk tahun ini, belanja modal yang dimiliki AP II adalah Rp18,7 triliun dan sudah disetujui oleh pemegang saham untuk mencari pendanaan dari luar sebesar 40 persen, bisa dengan pinjaman atau obligasi.

Related Posts

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Pelajari segala hal tentang Jenjang SKK Konstruksi, termasuk manfaatnya, perpanjangan, syarat administrasi, level, dan cara ceknya. Gaivo Consulting m...