Dibilang Terlalu ‘Jor-Joran’ Genjot Infrastruktur, Ini Jawaban Jokowi…


WE Online, Jember

Presiden Joko Widodo mengungkapkan alasannya kenapa pemerintah menggalakan pembangunan proyek infrastruktur. Dia beralasan jika terjadi ketimpangan antara wilayah Indonesia Timur dan Pulau Jawa.

“Oleh sebab itu dalam menyelesaikan berbagai masalah agar nantinya kita dapat bersaing dengan negara-negara lain, kita memerlukan yang namanya infrastruktur,” kata Jokowi di Universitas Muhammadiyah Jember, Minggu (13/8/2017).

Meskipun demikian, dia berujar bahwa pembangunan kualitas Sumberdaya manusia (SDM) juga tidak bakal dilupakan hanya demi mengejar pembangunan infrastruktur.

“Jangan dipikir kita hanya membangun infrastruktur fisik saja, tidak, sumber daya manusia lebih penting daripada fisik tadi,” tambahnya.

Mantan Wali Kota Solo itu bilang, infrastruktur adalah kunci dalam pembangunan nasional guna mendorong pertumbuhan ekonomi di semua daerah. Jokowi menjelaskan infrastruktur merupakan hal dasar sehingga wajar pemerintah tampak jor-joran membangun jalan tol, pelabuhan, bandara, pembangkit listrik dan fasilitas pendukung lainnya.

“Karena ini kunci dasar agar kita memiliki daya saing. Kalau ini sudah hampir selesai, kita akan masuk babak besar kedua yaitu pembangunan manusia. Ini yang harus kita kerjakan, kalau dua ini selesai kita masuk ke fase industri, jasa, fase IT, akan lebih mudah karena pondasinya sudah kuat. Satu satu visi besar ini harus disampaikan kepada masyarakat,” papar Jokowi. (ant/fh)

Related Posts

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Pelajari segala hal tentang Jenjang SKK Konstruksi, termasuk manfaatnya, perpanjangan, syarat administrasi, level, dan cara ceknya. Gaivo Consulting m...