Dukung Infrastruktur, Bank Syariah Mandiri Klaim Salurkan Pembiayaan ke sektor Infra US$774 Juta


WE Online, Bandung

PT Bank Syariah Mandiri (BSM) menduking langkah pemerintah dalam percepatan pembanguna nasional. Hal tersebut terefleksi dari jumlah total pembiayaan perseroan yang menembus angka US$774 juta di sektor infrastruktur.
 
Grup Head Accounting Bank Syariah Mandiri Suhendar menjelaskan jumlah tersebut terbagi atas US$501 Juta pembiayaan dan US$273 Juta pembiayaan dalam bentuk sukuk. “Untuk proyek berbasis sukuk sebesar US$273 Juta,” katanya Kamis (22/12/2016).
 
Lebih lanjut dirinya mengatakan lembaga perbankan syariah di Indonesia secara total telah memberikan kontribusi terhadap pembiayaan infrastruktur sebesar USD1,25 miliar. Berkaca dari hal tersebut, terlihat jika hampir setengah dari total kontribusi lembaga perbankan syariah Indonesia di sektor infrastruktur datang dari Bank Syariah Mandiri. 
 
Sebagai catatan, sektor infrastruktur menjadi salah satu sektor prioritas pembangunan nasional. Anggaran yang sudah disiapkan untuk sektor ini dalam APBN 2016 mencapai US$22,78 miliar.
 
Mengacu pada data Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), kebutuhan investasi untuk infrastruktur pada tahun 2015 sampai 2019 mendatang nilainya mencapai USD439 miliar. Oleh karena itu perbankan syariah masuk kedalam sektor tersebut, karena sejatinya pemerintah memerlukan alternatif sumber pendanaan lain untuk membiayai ragam proyek infrastruktur tersebut.  

Related Posts

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Pelajari segala hal tentang Jenjang SKK Konstruksi, termasuk manfaatnya, perpanjangan, syarat administrasi, level, dan cara ceknya. Gaivo Consulting m...