Jalur Ganda Cigombong-Cicurug Ditargetkan Selesai Akhir Tahun


WE Online, Jakarta

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau program padat karya pada jalur double track Sukabumi-Bogor. Untuk jalur ganda Cigombong-Cicurug sepanjang 7 km dengan total biaya anggaran Rp174 miliar, ditargetkan akan selesai pada Desember 2018. 

“Kita targetkan Desember 2018 jalur ganda Cigombong-Cicurug selesai. Jalur Cigombong-Cicurug daerah yang paling berbukit. Jadi, ada bukit yang kita potong hampir 11 meter. Dengan pembangunan jalur ganda Cigombong-Cicurug ini kita sudah bisa meningkatkan kapasitas,” ucap Menhub Budi Karya.

Pada 2018 ini anggaran pembangunan jalur ganda Cigombong-Cicurug yang sebesar Rp170 miliar akan ditambah serta Rp13 miliar dari total anggaran tersebut akan digunakan untuk program padat karya.

“Tahun ini kita ada anggaran kurang lebih Rp170 miliar yaitu untuk jalur Cigombong-Cicurug sepanjang 7 km dan mungkin tahun ini akan ditambah. Dari total anggaran tersebut sebanyak Rp13 miliar digunakan untuk program padat karya agar masyarakat itu bisa ikut bekerja dan mendapatkan penghasilan harian,” kata Menhub Budi Karya.

Lebih lanjut Menhub menyampaikan pembangunan jalur ganda Cigombong-Cicurug ini merupakan awal dari pembangunan jalur ganda Sukabumi-Bogor yang diharapkan selesai pada 2020 dengan nilai total anggaran Rp1 triliun.

Seperti diketahui, saat ini Jakarta-Sukabumi ditempuh dengan waktu 5-6 jam perjalanan darat. Untuk itu, Kementerian Perhubungan membangun jalur ganda Sukabumi-Bogor agar dapat mengurangi beban di jalan serta meningkatkan kapasitas yang tadinya 3 kali dengan 6 gerbong menjadi 6 kali dengan 8 gerbong.

“Untuk nilai total anggaran keseluruhan mencapai Rp1 triliun dan ditargetkan selesai pada tahun 2020,” ujar Menhub Budi Karya.

Related Posts

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Pelajari segala hal tentang Jenjang SKK Konstruksi, termasuk manfaatnya, perpanjangan, syarat administrasi, level, dan cara ceknya. Gaivo Consulting m...