Kaltara Alokasikan Rp20 Miliar Kembangkan Pelabuhan


WE Online, Nunukan

Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) mengalokasikan anggaran sebesar Rp20 miliar untuk mengembangkan Pelabuhan Tengkayu I Kota Tarakan.

Anggaran tersebut akan dialokasikan melalui APBD 2017 sebagai langkah awal untuk reklamasi dan pembangunan turap, kata Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Provinsi Kaltara, Ahmad Haerani melalui siaran pers Humas Pemprov Kaltara, Sabtu (10/12/2016).

Ia menegaskan, pembangunan turap dan reklamasi yang dimaksudkan diupayakan rampung pada 2017 untuk tahap pertama dan segera dilanjutkan tahap kedua untuk membangun dermaga, jembatan dan terminal.

Menurut dia, saat ini pihaknya fokus pada progres tahap pertama bersamaan dengan analisa dampak lingkungannnya (Andal). “Saat ini kami hanya fokus dulu menyelesaikan progres tahap pertama,” ujarnya.

Menyinggung soal reklamasi, Ahmad Haerani menyatakan, berkaitan dengan upaya pengembangan atau perluasan area pelabuhan yang telah mendesak untuk dilakukan saat ini.

Mengingat Pelabuhan Tengkayu I Kota Tarakan ini setiap hari semakin padat karena menjadi tempat bongkar muat penumpang dari seluruh kabupaten di Provinsi Kaltara.

Rencana perluasan area dermaga berukuran 76 x 200 meter dari tepi dermaga yang telah ada sekarang maka luas lahan untuk eksisting sekitar 8.035,50 meter persegi.

Sedangkan untuk reklamasi seluas 15.200 meter persegi maka total keseluruhan luas area dermaga mencapai 23.235,50 meter persegi, ucapnya.

Tanah timbunan untuk reklamasi ini diperkirakan mencapai 38.977,25 meter kubik, ujarnya. (Ant)

Related Posts

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Pelajari segala hal tentang Jenjang SKK Konstruksi, termasuk manfaatnya, perpanjangan, syarat administrasi, level, dan cara ceknya. Gaivo Consulting m...