Kementerian PUPR Targetkan Jalan Akses Pelabuhan Patimban Selesai Akhir 2019


WE Online, Jakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan penandatanganan kontrak konstruksi Jalan Akses Pelabuhan Patimban yang ditargetkan selesai pada akhir 2019.

Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah 1 Jabar, Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga dengan kontraktor Shimizu Corporation bersama PT Bangun Cipta Kontraktor di Gedung Bina Marga, Jakarta, Selasa (14/8/2018).

Penandatanganan disaksikan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Sugiyartanto, perwakilan Duta Besar Jepang bidang Ekonomi, Takada Mari, Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Agus H. Purnomo, dan Sekretaris Daerah Provinsi Jabar, Iwa Karniwa.

“Konstruksi pembangunan jalan akses Pelabuhan Patimban, Jawa Barat (Jabar) dapat segera dimulai dan ditargetkan rampung pada akhir tahun 2019. Jalan akses pelabuhan tersebut sebagian besar akan bersifat layang (elevated) karena lokasi pembangunan merupakan tanah lunak. Jalan ini nantinya akan tersambung dengan jalan Pantura,” kata Dirjen Bina Marga, Sugiyartanto di Jakarta, Selasa (14/8/2018).

Pada kesempatan yang sama, telah ditandatangani paket pengawasan supervisi pembangunan jalan akses Pelabuhan Patimban senilai Rp63,51 miliar dengan konsultan Katahira & Engineer International kerjasama dengan Nippon Engineering Consultant kerjasama operasi dengan PT Perentjana Djaja, PT Sarana Multi Daya, PT Parama Karya Mandiri, PT Mekaro Daya Mandiri dan PT Maratama Cipta Mandiri.

“Kementerian PUPR terus mendorong kerjasama yang sudah sejak lama dilakukan antara Indonesia dan Jepang dalam pembangunan infrastruktur berkualitas. Terlebih tahun ini diperingati sebagai tahun ke-60 hubungan diplomatik Indonesia-Jepang,” kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Related Posts

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Pelajari segala hal tentang Jenjang SKK Konstruksi, termasuk manfaatnya, perpanjangan, syarat administrasi, level, dan cara ceknya. Gaivo Consulting m...