Kendari Harap Pelindo Percepat Pembangunan Pelabuhan Kontainer


WE Online, Kendari

Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara berharap, PT Pelindo bisa mempercepat pembangunan pelabuhan kontainer di Bungkutoko yang disebut “Kendari Newport”.

Wali Kota Kendari Asrun di Kendari, Minggu (1/1/2017), mengatakan pemkot sudah membangun akses jalan menuju Kendari Newport di Pulau Bungmutoko sebagai bentuk dukungan pemerintah daerah terhadap rencana pembangunan pelabuhan tersebut.

“Jalan sepanjang kurang lebih dua kilometer itu sudah selesai dikerjakan,” katanya.

Ia mengatakan pembangunan akses tersebut sebagai bentuk dukungan Pemkot Kendari terhadap pembangunan megaproyek pelabuhan yang akan dibangun oleh PT Pelindo di Bungkutoko dengan nilai investasi kurang lebih Rp1 triliun.

“Tujuan saya membangun akses jalan itu untuk percepatan agar mobilitas peralatan dan bahan kebutuhan bangunan menuju lokasi pembangunan pelabuhan tersebut bisa lancar,” katanya.

Dia menyebutkan untuk membangun akses jalan menuju Kendari Newport tersebut, Pemerintah Kota Kendari menganggarkan Rp93 miliar.

“Kalau kita tidak membangun akses jalan itu maka bisa panjang lagi proses dimulainya pembangunan Kendari Newport karena pihak Pelindo mengaku anggaran sekitar Rp1 triliun itu tidak termasuk anggaran pembangunan akses menuju lokasi Kendari Newport,” katanya.

Pelindo saat itu, kata Asrun, mengaku akan menyusun ulang rancangan anggaran pembangunan Kendari Newport karena adanya tambahan anggaran itu.

“Tetapi saya minta tidak usah revisi kembali anggaran karena akan panjang lagi prosesnya, dan saya yang bantu mereka bangun akses jalan tersebut dan sekarang sudah tuntas,” katanya. (Ant)

Related Posts

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Pelajari segala hal tentang Jenjang SKK Konstruksi, termasuk manfaatnya, perpanjangan, syarat administrasi, level, dan cara ceknya. Gaivo Consulting m...