Menteri Basuki: Jembatan Musi IV Rampung Sebelum Asian Games


WE Online, Palembang

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono pembangunan Jembatan Musi IV dengan panjang 1.130 meter dengan panjang bentang utama 313 meter ditargetkan dapat rampung pada Juli 2018. 

Ia mengatakan, disamping kualitas konstruksi jembatan, Kementerian PUPR juga memperhatikan aspek keindahan jembatan. “Pembangunan jembatan disamping memperhatikan fungsinya, menjadi lebih bagus dengan adanya ornamen budaya setempat,” katanya dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Rabu (24/1/2018).

Lanjutnya, desain Jembatan Musi IV mengadopsi kekayaan budaya setempat. Salah satunya pemasangan ornamen singkar suku Paksangko yang merupakan perhiasan kepala khas Kerajaan Sriwijaya pada kedua tiang jembatan. 

Sementara itu, Kepala BBPJN VI Zamharir Basuni mengatakan bahwa warna merah dan keemasan banyak digunakan sebagai warna jembatan yang melambangkan kejayaan Kerajaan Sriwijaya. Selain itu akan dilengkapi lampu artistik yang akan menambah indah lansekap dan arsitektur Kota Palembang di kala malam. 

Aspek keamanan jembatan menjadi prioritas utama melalui penerapan Structural Health Monitoring System (SHSM) untuk mendeteksi kesehatan jembatan dan mengirimkan informasi ke pusat data.

Kementerian PUPR juga akan membangun jalan akses sepanjang 878 meter di sisi Kecamatan Seberang Ulu. Pembangunan jalan akses tersebut masih menunggu proses pembebasan lahan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Palembang.

Related Posts

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Pelajari segala hal tentang Jenjang SKK Konstruksi, termasuk manfaatnya, perpanjangan, syarat administrasi, level, dan cara ceknya. Gaivo Consulting m...