Menteri Rini Senang, dari Bakauheni ke Palembang Cuma 6 Jam


WE Online, Jakarta

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno memastikan Tol Trans Sumatera bisa melayani masyarakat di libur Lebaran 2019. Hal ini diungkapkan saat dirinya meninjauan Tol Trans Sumatera dari Bakauheni menuju Palembang pada Jumat (24/5/ 2019).

Perjalanan menuju Tol Trans Sumatera dimulai dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni yang dikelola PT ASDP Indonesia Ferry (Persero).

Jalur yang dilalui adalah ruas Bakauheni–Terbanggi Besar–Pematang Panggang–Kayu Agung yang dikelola PT Hutama Karya (Persero) sepanjang 329 kilometer (km) yang terdiri dari 140 km jalur operasional dan 189 km jalur fungsional.

Tur perdana Tol Trans Sumatera Bakauheni-Palembang ditempuh selama enam jam dengan total jarak tempuh 358,7 km. Sebelum ada tol ini, jarak tempuh tercatat 10-12 jam.

Baca Juga: Yeay! Trans Sumatera Ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang Siap Dilalui Pemudik

“Saya senang beberapa ruas tol sudah bisa beroperasi dan nantinya ada jalur fungsional yang bisa digunakan masyarakat di libur Lebaran. Saya mendorong BUMN karya agar nantinya bisa melayani masyarakat,” jelas Menteri Rini.

Di sepanjang jalur tol yang dilalui, telah disediakan pula 12 tempat istirahat (rest area) dengan fasilitas yang memadai, antara lain di KM 33 sisi A dan B, KM 87 sisi A dan B, KM 116 sisi A dan B, KM 163 sisi A, KM 172 sisi B, KM 208 sisi A, KM 215 sisi B, KM 234 sisi A, dan KM 285 sisi B.

Setiap tempat istirahat dilengkapi dengan fasilitas berupa musala, toilet, tempat pengisian BBM berupa SPBU modular/kiosk/motoris, warung makanan dan minuman serta ATM mobile di beberapa titik.

Terkait fasilitas tempat istirahat, Menteri Rini menjelaskan, Hutama Karya telah bersinergi dengan Himbara dan Pertamina untuk menyediakan ATM mobile, UMKM binaan, dan tempat pengisian BBM.

“Seperti di tempat istirahat KM 33 dan KM 215 yang kami tinjau hari ini, saya lihat sudah siap semua fasilitas yang dibutuhkan oleh pemudik seperti makanan, minuman, BBM, dan lain-lain,” tuturnya.

Menteri Rini juga mengungkapkan bahwa secara keseluruhan, Jalan Tol Bakauheni–Kayu Agung sudah siap untuk dilalui para pemudik pada libur Lebaran minggu depan.

“Jalan tol ini sangat memudahkan para pemudik dari Jakarta ke Palembang atau pun sebaliknya karena selain lebih aman, waktu tempuh pun dapat dipangkas hingga separuhnya. Lampung–Palembang dapat ditempuh dalam waktu 4–5 jam saja dengan kecepatan rata-rata 80–100 km per jam dan lalu lintas lancar,” tambah Rini.

Baca Juga: Tingkatkan Ekonomi, Rest Area Trans Sumatera Baiknya Diisi UMKM Lokal

Direktur Utama Hutama Karya, Bintang Perbowo menjamin keamanan para pengendara yang melintasi Jalan Tol Bakauheni–Terbanggi Besar–Pematang Panggang–Kayu Agung karena rambu-rambu dan lampu penerangan jalan sudah dipasang, khususnya di daerah-daerah rawan kecelakaan. Sarana pelayanan lalu lintas juga telah dipersiapkan dengan prima di setiap ruas.

“Kami telah menyiapkan total 18 mobil patroli, 26 mobil derek, 10 mobil ambulans, enam mobil rescue dan 14 mobil PJR yang siap memastikan keamanan dan keselamatan para pemudik,” papar Bintang.

Related Posts

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Pelajari segala hal tentang Jenjang SKK Konstruksi, termasuk manfaatnya, perpanjangan, syarat administrasi, level, dan cara ceknya. Gaivo Consulting m...