Nasihat dari Pak Kalla: Jangan Cuma Lobi Pejabat, Habis Duitnya


WE Online, Jakarta

Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta seluruh kontraktor harus bekerja profesional dalam mendapatkan dan mengerjakan proyek infrastruktur. Dia meminta para kontraktor jangan hanya cuma mengandalkan lobi-lobi ke pejabat daerah untuk menang tender.

Baca Juga: Jusuf Kalla Bandingkan Jokowi dengan Soeharto, Ternyata Hasilnya “Top”

“Keahlian kontraktor bukan hanya lobi, lobi ke bupati, lobi ke gubernur, lobi ke (Kementerian) PU; tapi merupakan suatu upaya profesional. Kalau Anda profesional, maka Anda yang dicari, bukan Anda mencari proyek,” kata Kalla, saat membuka Musyawarah Nasional Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia, di Balai Sidang Jakarta, Kamis (14/3/2019).

Ia mengatakan, lobi untuk mendapatkan proyek pembangunan memang wajar dilakukan, namun dia mengingatkan agar kontraktor tidak terlalu sibuk melakukan lobi sehingga melupakan kualitas kinerjanya.

“Apabila Anda hanya mengandalkan lobi, maka akan habis uang di lobi,” kata Kalla.

Sebagai pengusaha multi bidang, dia juga memiliki perusahaan konstruksi, JK mengatakan selalu mengutamakan tiga hal dalam pembangunan infrastruktur; yaitu kualitas, biaya dan waktu.

“Kualitas harus baik, waktu harus tepat, dan efisiensi biaya; itu harus menjadi bagian utama,” ujarnya.

Related Posts

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Pelajari segala hal tentang Jenjang SKK Konstruksi, termasuk manfaatnya, perpanjangan, syarat administrasi, level, dan cara ceknya. Gaivo Consulting m...