Pemkot Pekanbaru Percepat Pembangunan Jaringan Gas


WE Online, Pekanbaru

Pemerintah Kota Pekanbaru mempercepat pembangunan jaringan gas bumi ke rumah penduduk di 12 kecamatan setempat untuk mendukung program pemerintah menuju penghematan energi bersubsidi yakni elpiji tiga kilogram.

“Program ini adalah bentuk terobosan Pekanbaru menuju kota pintar atau “smart city” melalui perwujudan “smart energy” dan “smart economy,” kata Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Pekanbaru Ingot Achmad Hutasuhut di Pekanbaru, Minggu.

Ingot menyebutkan Pemko Pekanbaru mendukung program pengembangan jaringan gas di wilayah setempat dengan mulai berbenah melakukan pemasangan pipa gas secara bertahap pada 12 kecamatan.

“Diharapkan melalui jaringan gas kota ini masyarakat bisa mengakses energi dengan lebih mudah, lebih murah, dan lebih cerdas,” ujarnya.

Di samping itu, lanjut dia, dengan kapasitas yang besar, gas kota juga diharapkan akan mendorong tumbuh kembangnya industri rumah tangga sehingga secara tidak langsung akan menghemat penggunaan energi dari elpiji bersubsidi atau khususnya gas tiga kilogram yang selama ini selalu membebani keuangan negara.

“Tidak ada lagi kelangkaan, gas kosong dan mahal serta kendala lain yang dialami saat menggunakan gas kota,” ujar dia.

Apalagi, menurut dia, program Kota Pekanbaru berjaringan gas ini juga sejalan dengan momentum Kementerian ESDM untuk pemasangan gas kota di seluruh Indonesia.

Pekanbaru langsung menangkap peluang tersebut dengan membangun jaringan pipa gas pada 2015 untuk satu Kecamatan Limapuluh.

“Kemudian pada pertengahan 2016 bisa dilaksanakan “Gas In” yang peluncurannya oleh Wali Kota Pekanbaru Firdaus di Kecamatan Limapuluh dengan jumlah pemasangan sebanyak 3.713 sambungan rumah tangga,” tutur dia.

Berlanjut pada 2017 Pekanbaru kembali dipasangi jaringan gas pada Kecamatan Sail dan sebagian Pekanbaru Kota sebanyak lebih dari 3.000 sambungan.

“Untuk selanjutnya Pemko Pekanbaru telah mengusulkan 10.000 sambungan bagi Kecamatan Sukajadi, Marpoyan Damai, dan Kecamatan Bukit Raya,” pungkasnya.

Related Posts

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Pelajari segala hal tentang Jenjang SKK Konstruksi, termasuk manfaatnya, perpanjangan, syarat administrasi, level, dan cara ceknya. Gaivo Consulting m...