Pengadaan Lahan oleh BLU LMAN Jadi Solusi Pembangunan Infrastruktur


WE Online, Jakarta

Pengadaan lahan atau tanah menjadi faktor penting dalam pembangunan infrastruktur yang dicanangkan pemerintah, pasalnya pembebasan lahan kerap menjadi masalah dalam pembangunan infrastruktur pemerintah. Oleh karena itu, skema pendanaan pengadaan tanah proyek strategis nasional oleh BLU Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) bisa menjadi investasi dan memecahkan solusi tersebut.

Demikian dikatakan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati saat Peluncuran Skema Pendanaan Pengadaan Tanah Proyek Strategis Nasional oleh BLU LMAN di Jakarta, Senin (4/4/2017). “Belanja tanah merupakan investasi penanaman modal BUMN. Dalam hal ini dilakukan oleh BLU LMAN untuk membeli tanah dalam pembangunan infrastruktur,” ujar dia di Hotel Kempinski, Jakarta.

Tiap tahun anggaran yang diberikan pemerintah kepada BLU LMAN terus mengalami peningkatan. Pada 2016, pemerintah telah menganggarkan Rp16 triliun dan Rp20 triliun untuk Tahun Anggaran 2017. Mengingat begitu vitalnya pengadaan lahan dalam setiap proyek infrastruktur, Menkeu berharap BLU LMAN dapat menggunakan anggaran tersebut dalam pengadaan lahan secara akuntabel, efektif, dan efisien.

“Saya harap BLU LMAN juga hindari penyakit korupsi dan inefisiensi. Ini adalah salah satu tanggung jawab yang besar bagi kami mengumpulkan rupiah tiap rupiah dari pajak, maka harus kembali ke rakyat bukan birokrat dalam bentuk korupsi,” tutup Sri Mulyani.

Related Posts

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Pelajari segala hal tentang Jenjang SKK Konstruksi, termasuk manfaatnya, perpanjangan, syarat administrasi, level, dan cara ceknya. Gaivo Consulting m...