Perbaikan Jembatan Cisomang Ditargetkan Selesai Akhir Maret


WE Online, Bandung

Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat menyatakan berdasarkan hasil evaluasi dari Komite Pengawas Jembatan dan Jalan Tol perbaikan Jembatan Cisomang Tol Purbaleunyi km 100+700 diharapkan selesai akhir Maret 2017.

“Semoga akhir Maret ini sudah beres sehingga sudah bisa kami uji coba dan seluruh kendaraan berbagi jenis atau golongan bisa melalui Jembatan Cisomang ini,” kata Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Dedi Taufik, di Bandung, Kamis (16/3/2017).

Menurut dia, saat ini proses perbaikan kerusakan Jembatan Cisomang sudah hampir selesai, namun hingga kini masih dibatasi hanya kendaraan kecil dan bus saja yang boleh melewati.

“Kami berharap jalur tersebut bisa segera kembali digunakan. Pengalihan ke jalan arteri Purwakarta-Bandung selama ini dinilai kerap menimbulkan kemacetan panjang karena jalan arteri ini tidak disiapkan untuk menampung kapasitas kendaraan yang besar,” kata dia.

Ia menuturkan selama ini Dinas Perhubungan Jawa Barat dengan kepolisian hanya mengupayakan pengaturan lalu lintas sementara pengerjaan jembatan dilakuakn Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Sehingga apa yang dapat dilakukan langkah-langkah pemerintah daerah kepolisian itu yang dilakukan hanya merekayasa lalu lintas. Di km 99 juga sudah bisa digunakan sebagai gate keluar untuk melakukan pergerakan terutama apabila terjadi kemacetan di Jatiluhur dialihkan ke situ,” kata dia.

Sebelumnya akibat pergeseran Jembatan Cisomang, sejak 23 Desember 2016, dilakukan pembatasan beban dengan hanya membolehkan kendaraan Golongan I yang melintasi jembatan. Sementara kendaraan lainnya dialihkan untuk keluar di gerbang tol sebelumnya. (Ant)

Related Posts

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Pelajari segala hal tentang Jenjang SKK Konstruksi, termasuk manfaatnya, perpanjangan, syarat administrasi, level, dan cara ceknya. Gaivo Consulting m...