Runway 3 Bandara Internasional Soetta Capai Progres 60%, Juni 2019 Diprediksi Rampung


WE Online, Jakarta

Kementerian Perhubungan menegaskan Progres pembangunan landasan pacu atau Runway 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta saat ini sudah mencapai 60% dan ditargetkan akan selesai pembangunannya pada pertengahan tahun ini.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi setelah melakukan peninjauan langsung ke lokasi mengatakan, nantinya bila sudah rampung pengerjaanya, Runway bakal meningkatkan jumlah kapasitas pergerakan pesawat sebesar 30%.

Dimana, dari semula 81-83 pergerakan pesawat per jam, menjadi 114 pergerakan pesawat per jam.

“Runway 3 sendiri sekarang kira-kira proses pembangunannya sudah 60%, kita akan selesaikan insya Allah akhir Juni. Runway 3 ini banyak fungsinya. Fungsi pertama adalah meningkatkan kapasitas. Sekarang ini kapasitas take off landing per jam kira-kira 81 sampai 83, dengan runway 3 ini akan menjadi 114. Jadi kurang lebih naik 30%,” jelasnya dalam keterangan yang diperoleh, Selasa, (16/4/2019).

Baca Juga: Juni 2019, Pembangunan Runway 3 Bandara Soetta Ditargetkan Rampung

Lanjut Menhub Budi Runway 3 yang memiliki ukuran 3.000m x 60m juga mampu memudahkan maintenance bagi runway lainnya, karena dapat digunakan secara bergiliran pada saat runway 1 atau runway 2 dilakukan maintenance.

Kementerian Perhubungan juga sudah merencakan pembangunan terminal 4. Terminal 4 akan mulai dibangun pada tahun 2021 dan kira-kira akan memakan waktu pembangunan sekitar 3 tahun. Ditargetkan dapat selesai pada tahun 2024 dan dapat menampung penumpang lebih dari 100 juta.

“Kami sudah merencanakan pembangunan terminal 4. Kita akan rencanakan mulai membangun tahun 2021 sudah mulai, kira-kira kita selesaikan dalam 3 tahun. Jadi tahun 2024 itu selesai. Lokasinya di lapangan golf Bandara Soekarno Hatta, dengan kapasitas penumpang lebih dari 100 juta,” pungkas Budi Karya Sumadi terkait Bandara kelolaan PT Angkasa Pura II (Persero).

Related Posts

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Pelajari segala hal tentang Jenjang SKK Konstruksi, termasuk manfaatnya, perpanjangan, syarat administrasi, level, dan cara ceknya. Gaivo Consulting m...