Sulut Bakal Garap Enam Proyek Infrastruktur Topang Perekonomian


WE Online, Manado

Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) bakal menggarap enam proyek infrastruktur baru yang dinilai mampu menopang laju perekonomian di daerah tersebut.

“Saat ini kami sedang menjajaki proyek infrastruktur tersebut kepada para investor,” kata Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey di Manado, Jumat (26/5/2017). 

Olly Dondokambey mengatakan pihaknya telah mengajukan pembangunan jalur kereta api yang menghubungkan Manado dengan Bitung. Studi kelayakan proyek tersebut menurut Olly tengah rampung dan saat ini beberapa investor telah menyatakan minat.

Menurut Olly, Pemprov Sulut juga bakal mengajukan kawasan ekonomo khusus wisata Likupang untuk mendongkrak industri pariwisata yang tengah menggeliat.

“Pemerintah punya lahan 1.000 hektare, saat ini dalam proses pengusulan,” ujar Olly.

Gubernur mengatakan, Pemprov Sulut bakal membangun jalan baru menuju Likupang sepanjang 28 km. Jalan baru tersebut diestimasi bakal memangkas waktu menjadi 30 menit dibandingkan 90 menit bila melalui jalan yang sudah ada.

Pemprov Sulut juga menawarkan proyek pembangunan trem dalam Kota Manado yang menghubungkan Wori dengan Tateli. Jalur trem itu bakal mengikuti alur pantai Teluk Manado.

Juga, katanya, proyek Bendungan Sawangan di Kabupaten Minahasa dan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) juga menjadi proyek lain yang diajukan sebagai proyek prioritas.

Dia berharap pembangunan ini berjalan lancar sehingga prediksi pertumbuhan ekonomi daerah bisa tercapai tepat waktu. (Ant)

Related Posts

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Pelajari segala hal tentang Jenjang SKK Konstruksi, termasuk manfaatnya, perpanjangan, syarat administrasi, level, dan cara ceknya. Gaivo Consulting m...