Cara Cek Sertifikat SKK Konstruksi yang benar
Kali jni, kita akan membahas cara cek sertifikat SKK Konstruksi yang dikeluarkan oleh BNSP dan LPJK kementerian PUPR. Sertifikat Kompetensi Kerja (SKK) adalah Sertifikat yang diterbitkan LPJK dan diberikan kepada tenaga konstruksi yang telah memenuhi persyaratan berdasarkan disiplin keilmuan, kefungsian dan/ atau keahlian tertentu.—————————————————————

Diduga Gunakan SKA/SKT Palsu, 23 Kontraktor Situbondo Dipidanakan

Kasus Dugaan Pemalsuan Dokumen Sertifikasi Keahlian (SKA) dan Sertifikasi Keterampilan (SKT), dalam persyaratan lelang Proyek APBD Situbondo Tahun Anggaran 2016, kembali menyeruak.

Bahkan kesekian kalinya, kasus yang sempat menghebohkan dunia konstruksi di Bumi Shalawat Nariyah ini terkait penggunaan SKA/SKT Palsu dalam dokumen tender proyek, dilaporkan kepada aparat penegak hukum.

Kali ini, LSM Gerakan Advokasi Membangun Masyarakat Anti Korupsi (Geram Maki) Situbondo, melaporkan 23 rekanan atau kontraktor pelaksana proyek, yang diduga kuat menggunakan dokumen SKA/SKT tersebut dalam memenangkan tender proyek APBD di Situbondo. Hal itu disampaikan Hidayat, Ketua LSM Geram Maki Situbondo.

“Ya kita sudah melaporkan itu (pemalsuan SKA/SKT), pekan lalu ke Mabes Polri. Sekaligus kita laporkan ke Bagian Pidana Umum (Pidum) dan Tipikor (Tindak Pidana Korupsi,” jelas Hidayat, kepada Pojok Kiri.

Dugaan pemalsuan SKA/SKT ini dilaporkan ke Bagian Pidsus dan Pidum Mabes Polri.

Dayat, panggilan akrab aktivis LSM besutan Khalilur Rahman ini menegaskan bahwa penggunaan SKA/SKT dalam dokumen lelang proyek itu, dinilai sangat meresahkan para kontraktor dan merugikan keuangan daerah. Sebab, penggunaan syarat SKA/SKT palsu itu ada upaya untuk menguasai atau memonopoli proyek di Kabupaten Santri ini.

Yang jelas, kata Dayat, ada 2 unsur yang terindikasi melanggar hukum dalam penggunaaan SKA/SKT Paslu tersebut. Yakni, pelanggaran pidana umum berkaitan dengan pemalsuan dokumen tersebut. “Sehingga ada pihak yang dirugikan, karena ada korban yang namanya dipakai tanpa ijin,” lanjutnya.

Selain itu, sambungnya, untuk dugaan tipikor karena dokumen ini digunakan untuk proyek tender Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo. Dirinya meyakini adanya perbuatan melanggar hukum untuk memenangkan proyek.

“Jadi jelas nilai kerugian keuangan negara akibat penggunana SKA/SKT palsu ini, sebesar nilai proyek yang dikerjakan,” ungkapnya lagi.

Menurut Dayat, dari 23 kontraktor yang dipidanakan itu mengerjakan sebanyak 23 proyek APBD Kabupaten Situbondo. “Nilai proyeknya bervariasi, mulai dari Rp 300 Juta hingga Rp 2 Miliar, sebanyak 23 proyek yang dikerjakan yang diduga menggunakan SKA/SKT palsu,” pungkasnya. (lah) sumber


Ada banyak kasus terkait dengan pemalsuan sertifikat, termasuk sertifikat SKK Konstruksi.  Nah bagaimana menbedakan sertifikat ASLI dan PALSU?

Contoh Sertifikat SKK Konstruksi dengan format baru, dikeluarkan oleh BNSP

Cara Cek Sertifikat SKK Konstruksi

Cara Cek Sertifikat SKK Konstruksi

Cara Cek Sertifikat SKA & SKT Konstruksi yang benar

Form Cek SKK



Cara Cek SKK Konstruksi dan SKA SKT LPJK

1. Pengertian SKK Konstruksi dan SKA SKT LPJK

Dalam industri konstruksi di Indonesia, Surat Keterangan Kualifikasi (SKK) Konstruksi dan Surat Keterangan Ahli (SKA) Sertifikasi Keahlian Teknik (SKT) dikeluarkan oleh Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) kepada para profesional dan perusahaan yang memenuhi standar kualifikasi dan kompetensi dalam bidang konstruksi.

2. Pentingnya Verifikasi SKK Konstruksi dan SKA SKT LPJK

Memverifikasi keaslian Surat Keterangan Kualifikasi (SKK) Konstruksi dan Surat Keterangan Ahli (SKA) Sertifikasi Keahlian Teknik (SKT) LPJK penting untuk memastikan bahwa individu atau perusahaan tersebut memenuhi syarat hukum dan teknis untuk melaksanakan proyek konstruksi.

2.1 Menghindari Penyalahgunaan Dokumen

Verifikasi SKK dan SKA LPJK membantu menghindari penyalahgunaan dokumen oleh pihak yang tidak berwenang, yang dapat merugikan proyek konstruksi dan reputasi industri.

2.2 Menjamin Kompetensi Profesional

Memverifikasi SKK Konstruksi dan SKA SKT LPJK adalah cara untuk memastikan bahwa profesional atau perusahaan tersebut memiliki kompetensi teknis yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek konstruksi dengan baik.

3. Langkah-langkah dalam Memeriksa SKK Konstruksi dan SKA SKT LPJK

Untuk memeriksa keabsahan Surat Keterangan Kualifikasi (SKK) Konstruksi dan Surat Keterangan Ahli (SKA) Sertifikasi Keahlian Teknik (SKT) dari LPJK, langkah-langkah berikut dapat diikuti:

3. Pentingnya Keabsahan Dokumen LPJK

Memastikan keabsahan Surat Keterangan Kualifikasi (SKK) Konstruksi dan Surat Keterangan Ahli (SKA) Sertifikasi Keahlian Teknik (SKT) dari LPJK sangat penting untuk memastikan kualitas dan keamanan proyek konstruksi di Indonesia.