Angkasa Pura II Pastikan Maskapai Sudah Siap Layani Penerbangan di Kertajati


WE Online, Jakarta

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pengelola Bandar Udara yakni PT Angkasa Pura II (Persero) menegaskan bahwa, paling lambat pada 1 Juli 2019 seluruh penerbangan domestik dengan pesawat jet akan dialihkan dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Internasional Kertajati

 

Perseroan menyatakan, Kertajati telah siap melayani operasional penerbangan domestik di antaranya dengan menyediakan berbagai fasilitas utama dan fasilitas pendukung bagi maskapai dan penumpang pesawat. 

 

Sebanyak lima maskapai juga sudah memperoleh izin dari regulator dan menyatakan siap  mengoperasikan penerbangan mereka di Kertajati. Lima maskapai itu adalah Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, AirAsia Indonesia dan Xpress Air

 

Baca Juga: AP II Lakukan Penataan Penerbangan Bandara Husein Sastranegara dan Kertajati

 

VP of Corporate Communications Angkasa Pura II, Yado Yarismano mengatakan sinergi yang baik antara operator bandara dan maskapai serta stakeholder lainnya membuat persiapan pengalihan penerbangan berjalan mulus dan lancar. 

 

“Sinergi yang baik dan keinginan yang kuat dari seluruh stakeholder untuk memajukan Jawa Barat melalui konektivitas penerbangan membuat persiapan pengalihan penerbangan ini berjalan mulus, dan tentunya juga karena dukungan kuat dari masyarakat,” jelas Yado di Jakarta, Minggu (30/6/2019).

 

“Total ada 12 rute domestik yang dilayani di Kertajati oleh maskapai paling lambat 1 Juli 2019,” tambahnya.

 

Baca Juga: Pasar LCC di Bandara Soetta Makin Bergairah, Bos AP II Mau Tambah Fasilitas

 

Sebagai tambahan informasi, pada hari ini (30/6) terdapat penerbangan yang sudah dilayani di Kertajati yakni AirAsia Indonesia tiba dari Denpasar (QZ 720) sekitar pukul 08.00 WIB dan keberangkatan ke Denpasar (QZ 721) sekitar pukul 08.45 WIB, lalu Garuda Indonesia tiba dari Denpasar (GA 335) sekitar oukul 14.45 WIB.

 

Sejalan dengan dioperasikannya penerbangan AirAsia ke Denpasar, hari ini pun (30 Juni 2019) Damri gratis sudah mulai mengantar penumpang pada pukul 04.00 WIB dari Kebon Kawung, Bandung, menuju Kertajati. 

 

Baca Juga: AP II Mau Nyuntik Bandara Kertajati Biar Enggak Sepi Lagi, Segini Nilainya

 

“Kami sangat berterima kasih atas keinginan yang kuat dari maskapai dan stakeholder lain seperti Damri sehingga pengalihan penerbangan ini dapat berjalan lancar dan sukses, bahkan sebelum tenggat pengalihan sudah ada maskapai yang mengoperasikan penerbangan di Kertajati,” pungkas Yado Yarismano.

 

Berikut daftar maskapai dan rute yang dilayani di Kertajati:

 

1. Garuda Indonesia: Denpasar

2. Citilink: Surabaya, Denpasar, Pekanbaru, Medan, Palembang, 

3. AirAsia Indonesia: Denpasar, Surabaya

4. Lion Air: Pekanbaru, Banjarmasin, Surabaya, Medan, Denpasar, Batam, Makassar, Balikpapan, Lombok, Pontianak

5. Xpress Air: Padang, Palembang

Related Posts

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Pelajari segala hal tentang Jenjang SKK Konstruksi, termasuk manfaatnya, perpanjangan, syarat administrasi, level, dan cara ceknya. Gaivo Consulting m...