Dukung Pengelolaan Air, Elnusa Kembangkan Sistem Berbasis IoT


WE Online, Jakarta

PT Elnusa Tbk (ELSA) mendukung pengelolaan air di wilayah Tangerang melalui pengembangan smart water meter dan smart power meter berbasis internet of things (IoT). Bersama dengan PT Moya Tangerang dan PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang, Elnusa menandatangani perjanjian proof of concept (PoC) di kantor PDAM, Senin (25/02/2019).

Direktur Pengembangan Usaha Elnusa, Arief Riyanto, menjelaskan bahwa teknologi IoT tersebut akan memudahkan pemantauan distribusi air, baik dari sesi perusahaan air maupun masyarakat. Sebagai informasi, Moya Tangerang didapuk sebagai produsen air, sedangkan PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang sebagai unit usaha distribusi air bersih.

Baca Juga: Genjot Jasa Hulu Migas, Pendapatan Elnusa Naik 33%

“Melalui sistem ini, perusahaan penyedia air dapat memantau secara realtime dan online proses penyaluran, tingkat kehilangan air dapat dikontrol, dan pengelolaan air menjadi lebih baik,” imbuh Arief dalam rilis di Jakarta, Senin (25/02/2019).

Arief melanjutkan, kerja sama dengan dua pihak tersebut dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Pengembangan teknologi IoT yang kami lakukan merupakan kesungguhan untuk mendukung smart city di Indonesia dan diawali di Kota Tangerang,” sambungnya lagi.

Diakuinya pula, Elnusa tengah mengembangkan berbagai inovasi guna meningkatkan kapasitas nasional. Melalui solusi yang ditawarkan, yaitu smart water meter dan smart power meter, pengelolaan suplai air ke pelanggan akan lebih mudah.

“Kami berharap teknologi IoT ini dapat turut mendukung peningkatan pelayanan terhadap masyarakat,” tutupnya.

Related Posts

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Pelajari segala hal tentang Jenjang SKK Konstruksi, termasuk manfaatnya, perpanjangan, syarat administrasi, level, dan cara ceknya. Gaivo Consulting m...