Jalan Tol dan Non Tol Siap Layani Arus Mudik


WE Online, Jakarta

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengungkapkan bahwa jalan tol maupun non-tol di pulau Jawa dan Sumatera sudah siap untuk dipakai masyarakat dalam arus mudik maupun balik Lebaran 2018.

“Di Jawa, jalan nasional ada 3 jalur yaitu Pantura (Pantai Utara Jawa), jalur tengah dan Pansela (Pantai Selatan Jawa) yang panjangnya masing-masing Pantura 1.341 kilometer (km), lintas tengah 1.197 km dan jalur Selatan 1.405 km sehiingga totalnya 3.943 km, 90 persen mantab dan lebih baik dari 2017 kemarin,” kata Basuki dalam konferensi pers di kantor Presiden Jakarta, Rabu.

Basuki menyampaikan hal itu didampingi oleh Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi seusai menghadiri rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo yang membahas mengenai persiapan Idul Fitri 1439 Hijriah.

Selain jalan nasional, masih ada jalan tol sepanjang 760 km dari Jakarta ke Surabaya yang panjang jalur operasional adalah 525 km sedangkan yang fungsional 235 km.

Perbedaan operasional dan fungsional adalah jalan fungsional belum dilengkapi dengan marka jalan, pembatas dan petunjuk jalan.

Related Posts

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Pelajari segala hal tentang Jenjang SKK Konstruksi, termasuk manfaatnya, perpanjangan, syarat administrasi, level, dan cara ceknya. Gaivo Consulting m...