Ke Balikpapan, Presiden Jokowi Akan Tinjau 2 Proyek Nasional


WE Online, Balikpapan

Presiden Jokowi direncanakan akan melakukan kunjungan kerja di Balikpapan selama setengah hari pada Kamis pagi hingga siang. (13/7/2017). Sebelumnya Jokowi pada Rabu sore melakukan kunjungan ke Kota Makassar. 

Presiden bersama ibu negara diperkirakan akan mendarat di bandara Sepinggan Balikpapan pukul 11.00 wita.

Sekda Provinsi Kaltim Rusmadi menyebutkan kunjungan kerja ini untuk kembali memastikan program nasional berjalan sesuai harapan. Katanya dipastikan Jokowi hanya berada di Balikpapan selama 5 jam.

“Positif tiga lokasi. Jadi jam 11.00 wita sudah di Sepinggan (bandara) dan jam 4 sudah selesai. Efektif 5 jam saja,” ungkapnya usai rapat persiapan kedatangan RI 1 bersama Pangdam Mulawarwan, Polda kaltim, Protokol Kepresidenan dan pemerintaha kota dan Provinsi Kaltim, di aula pemkot Balikpapan, Rabu petang (12/7/2017).

Tiga lokasi yang dimaksud adalah Dome, rumah murah di Km5  Balikpapan Utara dan Jembatan Manggar bagian dari proyek tol Balikpapan –Samarinda.

Di gedung Dome, Sepinggan, lanjut Rusmadi, Presiden Jokowi akan memberikan 1.500 sertifikat tanah kepada masyarakat di Kaltimra. “Disitu akan diberikan 1.500 sertifikat tanah program Kementerian Pertanahan. Nanti ada seremoni pemberian sertifikat kepada 13 warga,” katanya.

Sebelumnya pada 5 Desember 2016 Jokowi juga menyerahkan sertifikat kepada ratusan warga di lokasi Dome Balikpapan.

Dari Dome, Presiden juga meninjau pelaksanaan program rumah murah yang menjadi programnya . Lokasi di Km 5 Balikpapan Utara. “Lahan 40 hektar dengan target pembangunan 4.000 unit. Yang sudah 500 unit. Nah pak presiden akan melihat proses akad kredit rumah. Disitu ada 150an. Jumlah itu diluar 500 unit tadi ya,” jelasnya.

Lokasi terakhir yang ditinjau Jokowi selama di Balikpapan yakni melihat progres pembangunan jalan tol Balikpapan-samarinda.

Akhir 2018 proyek tol sepanjang 98 kilometer ini akan rampung. Ada lima paket pembangunan jalan tol itu. Untuk paket I ini katanya pengerjaan fisik sudah 75 persen.

“Paket 1 itu memakai dana APBD. Disitu ada jembatan Manggar yang bagian dari proyek strategis jalan tol paket I. Jembatan Manggar ini dibiayai oleh APBN,” bebernya.

Rusmadi mengatakan kunjungan Presiden ke Balikpapan dipastikan Gubernur Kaltim akan menyampaikan perkembangan proyek strategis nasional maupun Kaltim.

“Kehadirin presiden ini, sesuatu bagi pemerintah provinsi. Pasti pak gubernur akan menyampaikan kemajuan-kemajuan terkait projek stategis  nasional maupun provinsi terutama yang menjadi kewenangan nasional,” tambahnya. 

Related Posts

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Pelajari segala hal tentang Jenjang SKK Konstruksi, termasuk manfaatnya, perpanjangan, syarat administrasi, level, dan cara ceknya. Gaivo Consulting m...