Kementerian PUPR Rampungkan Rekonstruksi Sekolah Hingga RSUD Pascagempa Aceh 2016


WE Online, Jakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan rekonstruksi infrastruktur yang terdampak bencana gempa bumi di Aceh pada 7 Desember 2016 lalu.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, semua perbaikan dan penyediaan infrastruktur sudah dilakukan.

“Saya kira bisa kita lihat. Kita sudah perbaiki,” jelas dia dalam keterangannya kepada redaksi Warta Ekonomi, Sabtu (11/8/2018).

Rekonstruksi yang telah selesai di antaranya pembangunan 20 sekolah permanen di Kabupaten Pidie Jaya dan Bireuen, pembangunan Masjid At-Taqarub, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Aziziyah, Pasar Ule Glee, dan RSUD Kabupaten Pidie Jaya. 

Pengerjaan rekonstruksi tersebut melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya yang menggunakan anggaran APBN Kementerian PUPR 2017-2018. Dengan rincian Rp56,14 miliar untuk pembangungan Masjid At-Taqarub, STAI Al-Aziziyah dan Pasar Ule Glee, RSUD senilai Rp21,136, serta sekolah dengan nilai kontrak Rp55,151 milar. 

Sementara Konstruksi yang digunakan untuk sekolah adalah pengembangan dari teknologi Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) yang dikembangkan Balitbang dan dikenal sebagai bangunan tahan gempa. Selain itu pengerjaannya dilakukan dengan sistem modular, sehingga dapat dipasang secara cepat.

“Untuk membangun secara cepat kata kuncinya adalah standarisasi dan pre-fabrikasi,” kata Dirjen Cipta Karya Danis H Sumadilaga. 

Related Posts

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Pelajari segala hal tentang Jenjang SKK Konstruksi, termasuk manfaatnya, perpanjangan, syarat administrasi, level, dan cara ceknya. Gaivo Consulting m...