Kementerian PUPR Siapkan Rp2 Triliun Bangun TransPapua


WE Online, Jayapura

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pada 2017 mengalokasikan Rp2 triliun untuk membangun jalan transPapua yang panjang keseluruhannya mencapai 4.330 kilometer.

“Khusus di Papua, Dirjen Bina Marga mengalokasikan dana lebih dari Rp2 triliun dan porsinya akan terus seperti itu hingga 2019 mendatang,” ujar Kepala Balai Jalan Wilayah XVIII Papua dan Papua Barat Osman H. Marbun di Jayapura, Rabu (22/2/2017).

Ia menjelaskan membangun jalan di Papua membutuhkan dana yang cukup besar sesuai dengan tantangan yang dihadapi, terlebih untuk menghubungkan seluruh kabupaten/kota di daerah itu.

“Jika hanya Rp2 triliun dana untuk Papua sangat kurang, tetapi pemerintah terus berupaya agar seluruh jalan transpapua bisa terkoneksi antarkabupaten,” katanya.

Marbun mengakui bila pihaknya untuk wilayah-wilayah tertentu harus bekerja sama dengan pihak TNI dan hal itu untuk mempercepat pembangunan transpapua.

“Pemerintah telah berkomitmen jalan transPapua tahun 2019 sudah akan menyambung ke semua kabupaten dan fungsional. Penanganan jalan tersebut dilakukan secara ‘single years’ dan ‘multi years’, juga ada bantuan zipur membuka lokasi yang sangat sulit,” ujarnya.

Ia menjelaskan pemerintah mempunyai komitmen kuat untuk memeratakan pembangunan di seluruh Indonesia, dan Papua dikatakannya menjadi salah satu prioritas.

“Kebijakan pemerintah saat ini dengan segala kemampuan dan keterbatasannya sudah berupaya untuk mengejar ketertinggalan antara Indonesia timur dan barat,” katanya. (Ant)

Related Posts

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Pelajari segala hal tentang Jenjang SKK Konstruksi, termasuk manfaatnya, perpanjangan, syarat administrasi, level, dan cara ceknya. Gaivo Consulting m...