Menkominfo Harap Proyek Palapa Ring Timur Rampung 2019


WE Online, Jayapura

Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara mengatakan proyek Palapa Ring Paket Timur diharapkan dapat dimulai pada semester ini dan selesai dikerjakan pada 2019.

“Bersamaan dengan itu diharapkan penyelenggara telekomunikasi lainnya juga membangun jaringan akses seperti BTS-BTS (menara telekomunikasi) sehingga layanan akses pita lebar ini dapat digelar ke masyarakat,” katanya di Jayapura, Kamis (23/2/2017).

Menurut Rudiantara, proyek Palapa Ring menunjukkan keseriusan pemerintah dalam menjalin kerja sama dengan badan usaha (investor) dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia.

“Berbagai pihak telah ikut mendukung proyek Palapa Ring hingga kini, seperti Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kementerian Keuangan dan PT PII, sehingga proses penyiapan proyek ini dapat berlansung relatif cepat yaitu secara efektif kurang dari satu tahun,” ujarnya.

Dia menuturkan proyek ini telah memperoleh dukungan fasilitasi pendampingan proses transaksi (PDF) dan izin prinsip “availability payment (AP)” dari Menteri Keuangan.

“Model pelaksanaan proyek Palapa Ring merupakan kerja sama pemerintah dan badan usaha dalam sektor telekomunikasi dengan menerapkan skema pembayaran ketersediaan layanan (AP),” katanya.

Dia menambahkan pada proyek Palapa Ring Paket Tengah total AP mencapai sekitar Rp4 triliun yang akan dibayarkan secara berkala selama masa konsesi 15 tahun.

“Adapun kelangsungan pembayaran dari PJPK kepada badan usaha akan dijamin oleh pemerintah melalui PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PT PII),” ujarnya lagi. (Ant)

Related Posts

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Pelajari segala hal tentang Jenjang SKK Konstruksi, termasuk manfaatnya, perpanjangan, syarat administrasi, level, dan cara ceknya. Gaivo Consulting m...