Menteri PUPR: Pembangunan Infrastruktur Jateng Cukup Baik


WE Online, Tegal

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menilai capaian pembangunan infrastruktur di Provinsi Jawa Tengah sudah cukup baik.

“Saya kira capaian infrastruktur di Jateng cukup baik, bahkan secara nasional ‘ranking’ kita naik dari peringkat 72 naik 62, itu secara ‘global competitive index’,” katanya di sela meninjau pembangunan “Fly Over” Klonengan, Kabupaten Tegal, Rabu (15/2/2017) malam.

Basuki menyebutkan, pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi Jawa Tengah bersama pemerintah kabupaten/kota telah membangun proyek berskala nasional berupa jalan tol serta bendungan di sejumlah daerah.

“Kita bangun berapa bendungan? Ada (waduk) Logung, ada Gondang di Sukoharjo, ada jalan tol Bawen-Salatiga, sekarang yang lagi dikerjakan tol Salatiga-Solo, kemudian tol Solo-Ngawi-Kertosono sudah oke,” ujarnya.

Oleh karena itu, kata dia, ketersediaan dan kualitas infrastruktur di Jateng mengalami peningkatan.

Terkait dengan masih banyaknya kerusakan jalan di sepanjang jalur pantai utara Jawa Tengah, Basuki mengaku sudah menginstruksikan jajarannya untuk melakukan perbaikan yang bersifat darurat dan sementara guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Basuki mengaku sudah mendengar informasi terkait banyaknya jalan berlubang di sepanjang jalur pantura Jateng yang merupakan jalan tingkat nasional itu sehingga mengakibatkan jatuh korban jiwa.

“Saya minta semua lubang-lubang (kerusakan) di jalur pantura diperbaiki dua minggu selesai, terhitung mulai hari ini,” tegasnya.

Menurut dia, mengenai perawatan jalan seharusnya menjadi perhatian serius tim di lapangan dan setiap ada indikasi kerusakan harus segera ditangani, jangan menunggu kerusakan semakin parah karena dapat membahayakan masyarakat. (Ant)

Related Posts

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Pelajari segala hal tentang Jenjang SKK Konstruksi, termasuk manfaatnya, perpanjangan, syarat administrasi, level, dan cara ceknya. Gaivo Consulting m...