Pertemuan Presiden Jokowi dengan JICA Bahas Infrastruktur


WE Online, Jakarta

Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Presiden of Japan International Cooperation Agency (JICA) Dr Shinichi Kitaoka beserta delegasi di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (26/7/2017).

Presiden didampingi Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimoeljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung menerima Presiden dan delegasi JICA pada pukul 09.00 WIB.

Shinichi Kitaoka, saat konferensi pers di Kantor Presiden, mengungkapkan bahwa kunjungannya ini merupakan yang pertama ke Indonesia sebagai Presiden JICA.

“Saya telah berada di negara ini lima-enam kali di masa lalu. Setiap kali saya datang saya terkejut mengetahui perkembangannya, pesatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia,” kata Shinichi.

Dia mengatakan pertemuannya dengan Presiden Jokowi bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani membahas berbagai isu, mulai dari MRT (Mass Rapid Transport), Pelabuhan Patimban (Subang), dan juga proyek kereta cepat di jalur utara Pulau Jawa.

“Berawal dari tiga proyek yang telah saya sebutkan, kami sepakat mengenai pentingnya proyek lain untuk menunjang kesejahteraan masyarakat di daerah, termasuk Sulawesi, juga pentingnya keamanan maritim, juga pentingnya mempercepat setiap proyek,” kata Shinichi.

Menteri Keuangan Sri Mulyani, saat diwawancara wartawan, mengatakan JICA ikut juga dalam memecahkan masalah kesenjangan, seperti air bersih dan sanitasi.

“Jepang memiliki banyak keahlian di bidang teknologi air dan pengolahan air. Bahkan mereka memiliki beberapa hal yang sifatnya pengalaman pembangunan di daerah-daerah kepulauan kecil karena mereka juga negara kepulauan,” kata Mulyani.

Mengenai proyek Pelabuhan Patimban, MRT, kata Mulyani, Presiden JICA telah mengunjungi proyek tersebut dan menyampaikan kepada presiden bahwa kemajuannya cukup baik dan bahkan cukup cepat.

“Presiden minta proyek-proyek tersebut dikelola dengan pronsip-prinsip yang baik dan juga dalam hal percepatannya karena transportasi di Jakarta itu sudah sangat macet sehingga percepatan proyek yang bisa memecahkan masalah kemacetan itu menjadi sangat penting,” katanya. (Ant)

Related Posts

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Pelajari segala hal tentang Jenjang SKK Konstruksi, termasuk manfaatnya, perpanjangan, syarat administrasi, level, dan cara ceknya. Gaivo Consulting m...