PLN Perluas Desa Listrik di Gorontalo


WE Online, Gorontalo

PLN unit Wilayah Sulawesi Utara, Tengah, dan Gorontalo (Suluttenggo) berhasil mengalirkan tenaga listrik di dua desa di Kecamatan Bulango Ulu, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. Dua desa tersebut yaitu, Desa Owata dan Desa Mongiilo.

Peresmian tersebut ditandai dengan menyalakan rumah pelanggan dan juga rumah pelayanan kesehatan Kecamatan Bulango Ulu oleh Gubernur Provinsi Gorontalo Rusli Habibie, dan Kapolda Gorontalo Brigjen Rachmat Fudail, bersama General Manager PLN Suluttenggo Edison Sipahutar.

Edison menjelaskan dalam kesempatan tersebut, potensi pelanggan yang akan dijangkau oleh dua desa yang telah teraliri aliran listrik sebanyak 405 pelanggan, masing-masing 186 pelanggan di Desa Owata dan 219 pelanggan di Desa Mongiilo.

“Saat ini desa berlistrik di seluruh Gorontalo menjadi  714 desa dan akhir 2017 ini menjadi 716 desa. Selanjutnya pada tahun 2018, PLN berencana menuntaskan pembangunan jaringan di  19 desa lagi agar rasio desa berlistrik di Provinsi Gorontalo menjadi 100%. 4 desa di Kabupaten Gorontalo Utara dan 15 desa di Kabupaten Bone Bolango,” ujar Edison dalam keterangannya, Rabu (27/9/2017).

Selama tahun 2017, PLN telah membangun total jaringan listrik yang tersebar di 4 desa yaitu jaringan tegangan menengah sepanjang 105 kms (kilometer sirkit), 37 gardu distribusi dan jaringan tegangan rendah sepanjang 44 kms.

“Itu semua usaha PLN agar rasio desa berlistrik di Provinsi Gorontalo akan mencapai 98 % dengan rasio elektrifikasi 90%,” pungkasnya.

PLN terus berupaya mendukung pemerintah dalam melakukan percepatan pembangunan listrik desa di Gorontalo. Pembangunan listrik desa sangat penting untuk menggerakan dunia usaha, mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Related Posts

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Pelajari segala hal tentang Jenjang SKK Konstruksi, termasuk manfaatnya, perpanjangan, syarat administrasi, level, dan cara ceknya. Gaivo Consulting m...