Presiden Jokowi Akan Tinjau Pembangunan Jalan Wamena-Habema


WE Online, Jayapura

Presiden Joko Widodo dijadwalkan meninjau pembangunan Jalan Wamena-Habema, Papua, sepanjang 46 km dari Wamena menggunakan jalur darat selama sekitar satu jam perjalanan pada Rabu (10/5/2017).

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah XVIII Papua Oesman Marbun di Jayapura, Minggu (7/5/2017) malam, mengatakan, Presiden yang didampingi Menteri PUPR Moch Basuki Hadimoeljono dan sejumlah menteri Kabinet Kerja akan menumpang kendaraan darat. Ruas Jalan Wamena-Habema yang akan dikunjungi Presiden Jokowi itu baru diaspal sepanjang 37 km.

“Jalan tersebut nantinya akan menghubungkan Mbua-Mapduma, Kenyam- Batas Batu-Mumugu yang seluruhnya sepanjang 284 km,” kata Oesman Marbun.

Ia mengakui dari 284 km yang sudah dapat dilalui adalah 164 km yaitu Wamena-Habema-Mbua sepanjang 90 km dan Kali Kenyam-Mumugu sepanjang sudah 74 km. Pembangunan Jalan Wamena-Mumugu cukup berat karena selain hambatan geografis juga iklim yang terkadang ekstrem.

“Tercatat 55 jembatan dibangun dan membentang di atas ruas Jalan Wamena-Mumugu sepanjang 284 km,” jelas Marbun seraya menambahkan, pembangunan ruas jalan tersebut dilaksanakan dengan melibatkan TNI AD yakni Batalyon Zipur.

“Pembangunan jalan di Kabupaten Nduga sejak 2016 dikerjakan TANI AD,” kata Oesman Marbun.

Presiden Jokowi pada akhir Desember 2015 mengunjungi Kenyam, ibukota Kabupaten Nduga. (CP/Ant)

Related Posts

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Pelajari segala hal tentang Jenjang SKK Konstruksi, termasuk manfaatnya, perpanjangan, syarat administrasi, level, dan cara ceknya. Gaivo Consulting m...