Tol Bawen-Salatiga Sudah Bisa Digunakan Pemudik


WE Online, Salatiga

Ruas tol Bawen-Salatiga (17,6 km), yang merupakan bagian dari Tol Semarang-Solo (72,6 km), sudah bisa digunakan pada masa mudik Lebaran tahun ini.

“Progres konstruksi sudah 97,4 persen dan ditargetkan pada awal Juni sekitar tanggal 8 Juni sudah tuntas sehingga mulai 15 Juni atau H-10 sudah siap digunakan, “kata Direktur Teknik dan Operasi Trans Marga Jateng Ali Zainal Abidin di Salatiga, Jawa Tengah, Rabu. 

Ali mengatakan pekerjaan seperti pemindahan timbunan tanah, median jalan, bahu jalan dan rigid beton hanya tersisa pada ruas jalan sepanjang 1,5 kilometer di segmen 3.1. Bawen Polosiri.

“Target optimis kami 14 hari bisa diselesaikan sehingga pada awal Juni 2017 sudah bisa selesai. Jadwal kerja tanggal 8 Juni konstruksi selesai,” katanya. 

Setelah pekerjaan konstruksi selesai, Ali menjelaskan, tim laik fungsi akan menilai fungsi jalan untuk memastikan jalan benar-benar siap digunakan selama masa mudik Lebaran.

“Fungsional di sini, layak pakai sebagai jalan tol biasa bukan seperti ruas lain yang menggunakan LC (lean concrete) atau beton dasar untuk jalan kerja lebar tujuh meter dan tebal beton 10 cm,” katanya.

Direktur Utama PT TMJ Yudhi Krisyunoro menyatakan ruas jalan tersebut statusnya kemungkinan besar masih uji coba dan bebas tarif.

“Tapi untuk kendaraan golongan satu non-bus. Dan kondisi akan terus dipertahankan karena pintu keluar arah Salatiga di kawasan Tingkir masih jalan provinsi lebar enam meter,” kata Yudhi.

Perusahaan telah mengusulkan tarif tol Bawen-Salatiga sekitar Rp1000 per kilometer atau Rp17 ribu untuk 17,6 km ke Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) 

Jalan tol itu, Yudhi menjelaskan, memberi pilihan bagi pengguna jalur lintas Semarang-Solo kategori golongan satu untuk menghemat waktu sekitar 30 menit.

“Jika waktu tempuh rata-rata 80 km per jam maka jarak 40 km Semarang-Salatiga hanya sekitar 30 menit, sedangkan jika jalan nasional bisa sekitar satu jam, bahkan bisa lebih jika pagi atau sore,” kata Yudhi. 

Tol Semarang-Solo (72,6 km) ditargetkan selesai pada triwulan III 2018. Pembebasan lahannya sudah 99 persen selesai.

Jalur tol itu akan meliputi lima seksi, yakni seksi Semarang -Ungaran (10,85 km) dan Ungaran-Bawen (11,99 km) yang sudah beroperasi serta seksi Bawen-Salatiga (17,6 km), Salatiga-Boyolali (21,47 km) dan Boyolali-Kartasura (7,14 km).

PT Jasa Marga Semarang Batang (JSB) sebelumnya mengumumkan bahwa pemudik dari arah Jakarta, khususnya setelah dari Brebes Timur, bisa melanjutkan dengan jalan tol secara fungsional hingga ke Gringsing. 

“Dirut PT JSB Saut Simatupang kepada publik sudah menyebut bahwa pemudik bisa lewat jalan tol secara fungsional hingga Gringsing, Kabupaten Batang, ” kata AVP Corporation Communication PT Jasa Marga Tbk, Dwimawan Heru. 

Dengan demikian, kata Heru, pemudik tahun ini bisa menggunakan jalan tol sepanjang 110 kilometer dari Brebes Timur hingga Gringsing. (Ant)

Menghadapi persaingan dalam dunia konstruksi semakin ketat. Perusahaan Anda mungkin sudah memiliki kualitas kerja yang baik, tetapi tanpa memiliki sertifikasi yang tepat, seperti SBU Konstruksi, SKK Konstruksi, atau Sertifikat ISO, peluang untuk memenangkan tender besar bisa lenyap. Reputasi perusahaan dipertaruhkan, dan proyek-proyek besar yang seharusnya dapat Anda menangkan malah jatuh ke tangan kompetitor.

Bayangkan jika, setelah berbulan-bulan merencanakan dan mengajukan tender, Anda kalah hanya karena kurangnya sertifikasi yang diperlukan. Kompetitor Anda yang memiliki SBU Konstruksi, SKK Konstruksi, dan Sertifikat ISO tampak lebih profesional dan terpercaya di mata pemberi tender. Rasa frustrasi melihat kesempatan berlalu begitu saja karena kurangnya pengakuan formal akan kualitas dan standar yang sebenarnya Anda miliki.

Kini saatnya untuk mengubah strategi Anda. Dengan mengamankan SBU Konstruksi, SKK Konstruksi, dan Sertifikat ISO, Anda tidak hanya meningkatkan peluang memenangkan tender, tetapi juga mengokohkan reputasi perusahaan Anda sebagai pemimpin industri yang terpercaya. Sertifikasi ini adalah investasi yang tidak hanya membuka pintu ke proyek-proyek besar, tetapi juga memberikan jaminan kualitas kepada klien bahwa Anda adalah pilihan terbaik. Segera lengkapi sertifikasi Anda, dan buktikan bahwa perusahaan Anda siap memenangkan persaingan di pasar konstruksi!

sertifikasi.co.id - skk konstruksi

Dapatkan Layanan Prioritas dengan menghubungi tim kami

Sertifikasi.co.id adalah mitra terpercaya dalam pengurusan sertifikasi profesi dan badan usaha di seluruh Indonesia. Kami menawarkan:

  • Proses Cepat: Layanan yang efisien dan responsif.
  • Keamanan Data: Menjaga kerahasiaan dan keamanan informasi Anda.
  • Investasi dengan ReturnTerbaik: Paket layanan dengan nilai maksimal.


Kami siap mendampingi proses sertifikasi yang meliputi :

  1. ISO 9001 (QMS), 14001 (EMS), 45001 (OHSAS) , 22000, 27001 (ITSMS), 37001 (SMAP)
  2. SKK Konstruksi (SKA/SKT): Sipil, Mekanikal, Manajemen Pelaksanaan, K3, Manajemen Proyek.
  3. SBU (Sertifikat Badan Usaha) LPJK Kementerian PUPR: BUJK Nasional (Kecil Menengah, Besar, Spesialis), BUJK Asing
  4. SMK3 KEMNAKER RI PP 50 Tahun 2012
  5. AHLI K3 UMUM KEMNAKER
  6. Sertifikasi Alat Kemnaker RI: SIA/SILO/Suket K3 Alat (Excavator, Buldozer, Crane, Wheel Loader dll)
  7. Sertifikasi Operator Alat Kemnaker RI: Surat Ijin Operator SIO (Excavator, Buldozer, Crane, Wheel Loader dll)
  8. Pengurusan PT, CV & Virtual Office
  9. NIB (Nomer Induk Berusaha)
  10. LAI AKP (Laporan Akuntan Publik)
  11. SNI (Standar Nasional Indonesia)
  12. Serkom Kelistrikan / SKTTK DJK ESDM
  13. SBU JPTL (Sertifikat Badan Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik) DJK ESDM
  14. SIUJPTL (Surat Ijin Usaha Badan Jasa Penunjang Tenaga Listrik)
Cut Hanti, S.Kom
Cut Hanti, S.Kom
Konsultasi di Whatsapp
Novitasari, SM
Novitasari, SM
Konsultasi di Whatsapp

Related Posts