Apa Yang Dimaksud NIB OSS?

Nomor Induk Berusaha (NIB) adalah salah satu dokumen yang di terbitkan oleh sistem prizinan OSS yang berfungsi sebagai identitas pelaku usaha dalam rangka pelaksanaan kegiatan berusaha sesuai dengan bidang usahanya masing masing. NIB atau Nomor induk berusaha adalah salah satu jenis usaha yang memiliki dasar dari Perpres RI No. 91 Tahun 2017 tentang percepatan berusaha. NIB merupakan salah satu syarat wajib bagi pelaku usaha baik perorangan maupun badan usaha untuk melakukan kegiatan usaha , investasi dan perizinan lainnya. NIB ibaratkata adalah KTP-nya Perusahaan untuk bisa mengakses perizinan dan kegiatan lainnya sesuai yang dijalankan dan dibutuhkan.

Nomor Induk Berusaha (NIB) berlaku selama para Pelaku Usaha masih menjalankan usahanya sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku. Namun, Perlu diperhatiakn bahwa pemmerintah/instansi/pejabat berwernang akan mencabut NIB dan menyatakan bahwa nomor tersebut tak lagi berlaku apabila Pelaku Usaha ternyata melakukan penyimpangan atau menjalankan aktivitas yang tidak sesuai dengan data NIB serta tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku. NIB dinyatakan tidak sah atau batal apabila petugas verifikator menemukan penyelewengan kegiatan yang akan berakibat pada pencabutan Nomor NIB

Di tahun 2021, saat ini Pemerintah Indonesia sedang mengupayakan dan membuat sistem perizinan baru. Perizinan tersebut adalah Perizinan Berusaha Berbasis Risiko yang kemudian prosesnya di selenggarakan melalui Sistem, Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA) atau lebih dikenal dengan OSS Berbasis Risiko. Lantas apa bedanya dengan NIB lama yang dikeluarakan dengan sistem OSS lama dan NIB yang di keluarkan oleh sistem OSS terbaru tersebut ?. Disini Tim Mitra Jasa Legalitas Akan membantu menjelaskannya. Simak berikutini

Apa yang dimaksud dengan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko ?

Perizinan Usaha Berbasis Risiko adalah perizinan berusaha berdasarkan tingkat risiko kegiatan usaha dan tingkat risiko tersebut menentukan jenis perizinan berusaha. Pemerintah telah memetakan tingkat risiko sesuai dengan bidang usaha atau KBLI (Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia) yang dapat dicek di sini. KBLI yang berlaku saat ini adalah KBLI tahun 2020 dengan angka 5 digit sebagai kode bidang usaha.

Untuk usaha dengan tingkat Risiko Rendah (R) dan Menengah Rendah (MR), proses perizinan berusaha cukup diselesaikan melalui sistem Online Single Submission (OSS) tanpa membutuhkan verifikasi atau persetujuan dari Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah, sedangkan usaha dengan tingkat Risiko Menengah Tinggi (MT) dan Risiko Tinggi (T) membutuhkan verifikasi atau persetujuan dari Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah.

Masalah – masalah Seputar NIB OSS , Yang Bisa Kami Tangani :

  • Jasa Hapus KBLI NIB OSS (Penghapusan KBLI di NIB & Izin Usaha)
  • Jasa Tambah KBLI NIB OSS (Penambahan KBLI di dalam NIB OSS)
  • Jasa Ganti Email Username (Untuk peruabahan alamat email login OSS)
  • Jasa Ganti Penanggung Jawab Perusahaan (Merubah Penanggung jawab perusahaan ke user lain)
  • Jasa Mengefektifkan Izin Usaha NIB OSS (Pengefektifan izin usaha)
  • Jasa Lupa Akun OSS (Reset Username Dan Password OSS)
  • Jasa Pemenuhan Komitmen Izin Usaha OSS

Manfaat dan Fungsi NIB

Manfaat pembuatan dan pendirian Nomor Induk Berusaha (NIB) adalah sebagai pengganti TDP dan sekaligus mendapatkan SIUP Atau Izin Usaha di dalam Tahapan pengurusan OSS. para pengusaha dan investor tak perlu lagi mengurus perizinan usaha tunggal seperti SIUP, TDP, maupun izin usaha lainnya apabila ingin mendirikan sebuah badan usaha. Hal ini disebabkan karena NIB memiliki fungsi sebagai pengganti izin usaha seperti SIUP, TDP, API, dan hak akses kepabeanan. Dengan begitu, Pelaku Usaha berikut investor akan semakin mudah dalam menjalankan setiap aktivitas usahanya.

Berbagai Macam Fungsi dan Keuntungan NIB OSS

Beberapa Layanan NIB OSS Kami dalam Menjawab Permasalahan NIB OSS :

  1. Tidak perlu repot mengurus izin usaha yang terbilang beragam dan rumit.
  2. NIB juga berlaku sebagai TDP Tanda Daftar Perusahaan.
  3. Dengan mempunyai NIB sudah bisa dipastikan anda akan mendapatkan :
  4. BPJS Kesehatan.
  5. BPJS Ketenagakerjaan.
  6. Izin Usaha – SIUP SIUJK IUI Dll
  7. Izin lokasi dll.
  8. Sertifikat Standar (SS)
  9. Angka Pengenal Impor – API.
  10. Nomor Induk Kepabeanan – NIK
  11. Notifikasi Perizinan,Perasaran & Fasilitas

Syarat Pengurusan & Pembuatan NIB

  • Scan/foto Akta Pendirian Perusahaan (Yang Maksud & Tujuan nya sudah di sesuaikan dengan KBLI 2017 terbaru)
  • SK Kemenkum Ham bagi CV/PT atau SK Pengesahan Bagi Yayasan 
  • NPWP Badan Perusahaan 
  • KTP Direktur / KTP Penanggung Jawab Perusahaan
  • Data Perusahaan (Akan disampaikan lebih lanjut)

Lama Pengurusan NIB OSS Resmi

Lama Pengurusan NIB OSS adalah 1 hari terhitung dari anda memberikan berkas persyaratan dengan benar dan valid , Serta Sistem OSS yang terbilang Dapat di akses.

Serahkan Pengurusan Izin NIB OSS anda kepada tim kami, Hemat waktu dan energi anda. Tidak perlu repot menunggu antrian,macet berjam-jam atau kendala NIB OSS khusus yang membuat anda harus ke kantor BKPM.

Wilayah Cakupan Pengurusan NIB OSS

Wilayah Pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB) , Kami melayani pengurusan Skala Nasional , Mulai dari wilayah Jakarta , Surabaya , DLl kami sanggup melayani Pengurusan NIB