Pada kesempatan kali ini akan diulas lebih jauh mengenai SBU Listrik. Mungkin anda bisa dengan mudahnya menemukan jasa SBU Murah Cepat listrik . Akan tetapi, banyak yang belum memahami seperti apa jasa tersebut.Sebelum masuk ke dalam itu semua, anda harus mengetahui terlebih dahulu yang dimaksud dengan SBU.

Sertifikat Badan Usaha atau yang tadi disebutkan dengan istilah SBU. Sertifikat yang menunjukan sebuah pengakuan secara formal pada kesesuaian antara klasifikasi dengan kualifikasi terhadap kemampuan atau skill perusahaan dalam bidang usaha atau jasa. Kalau kemudian dilihat berdasarkan SBU listrik maka badan usaha atau perusahaan yang dimaksud bekerja dalam pengembangan tenaga listrik. Sebuah istilah yang sebenarnya simpel tetapi tidak semua orang paham. Bahkan kalau orang awam pasti harus mendengarkan istilah yang semacam ini. Bilamana perusahaan ingin mendapatkan sertifikat tersebut maka harus melakukan pengajuan secara resmi dan tertulis. Semuanya itu ditujukan kepada lembaga yang mengurusi tentang Sertifikat Badan Usaha.

Guna mengajukan dan memenuhi berbagai persyaratan secara administratif maupun teknis. Perlu anda pahami bahwa LSBU atau Lembaga Sertifikat Badan Usaha haruslah yang terakreditasi dengan begitu SBU yang akan anda dapatkan secara legal ditetapkan Menteri.Tentu saja dalam melakukan pengajuan Sertifikat Badan Usaha, pihak pemohon atau dalam hal ini perusahaan harus dapat menyebut klasifikasi usahanya.Supaya lebih jelas nanti akan dibagikan kepada anda syarat detail dari permohonan tersebut. Supaya bisa membantu anda dalam mendapatkan Sertifikat Badan Usaha (SBU).

Cara mendapatkan sebuah sertifikat badan usaha ini?

Di dalam mendapatkan Sertifikat Badan Usaha, maka harus diajukan secara tertulis permohonannya oleh pihak perusahaan. Hal tersebut ditujukan kepada Lembaga Asosiasi yang terakreditasi. Apabila syarat secara administratif dan teknis bisa dipenuhi maka badan usaha tersebut bisa mendapatkan SBU. Tidak mudah melalui proses tersebut, lantaran ada banyak sekali persyaratan yang harus dipenuhi. Hal itulah yang terkadang membuat sebuah perusahaan menyerahkan kepada pihak jasa pengajuan SBU untuk mengurusnya. Apalagi beberapa perusahaan yang melakukannya sendiri bisa memakan waktu sampai berapa bulan untuk mendapatkan Sertifikat Badan Usaha Tersebut.

Pembahasan kali ini lebih membahas pada bidang listrik. Di mana usaha dalam bidang tersebut harus memenuhi beberapa persyaratan secara formal dan legal. Anda harus paham bahwa usaha dalam bidang jasa kelistrikan berbeda dengan kontraktor. Di mana harus memiliki Sertifikat Badan Usaha (SBU) dan juga Izin Usaha Jasa Kontruksi (IUJK). Sertifikat serta surat izin yang telah disebutkan digunakan dalam hal yang berbeda. Akan tetapi keduanya saling keterkaitan. Di peruntukan bagi badan usah yang bergerak dalam usaha kelistrikan pada sektor pekerjaan umum.

Jadi harus memiliki keduanya yakni IUJK dan SBU, di mana Surat tersebut dikeluarkan oleh Kementrian Pekerjaan umum dengan perantaraan LPJK. Sedangkan dalam sektor yang lain juga perlu mendapat izin, namun masih dalam lingkup yang sama mengenai kelistrikan. Harus disertai pula dengan adanya SBUJPTL serta IUJPTL khusus kelistrikan maka dikeluarkan oleh Kementrian ESDM. Jadi kalau usaha anda bergerak dalam bidang ESDM kemudian melakukan kegiatan kelistrikan. Maka anda harus menggunakan SBUJPTL (Sertifikat Badan Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik). Berdampingan dengan itu ialah Izin Badan Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik (IUJPTL). Kementrian ESDM-lah yang mengeluarkan izin tersebut. Kenapa berbeda? Jelas terlihat bahwa usaha yang bergerak dalam bidang kelistrikan/ kegiatan kelistrikan merupakan bagian dari pengembangan tehadap Sumberdaya khususnya listrik. Maka dari itulah yang mengeluarkan adalah Kementerian ESDM.

Persyaratan Syarat yang harus dipenuhi dalam mendapatkan SBU Listrik DJK ESDM

Kalau anda melihat bahwa bidang dan kegiatan usaha dalam bidang listrik ini SBU dikeluarkan sebagai khusus. Maka persyaratan yang harus diperlukan juga khusus. Berbeda dengan yang umum. Sepeti yang sudah diulas sebelumnya, Sertifikat Badan Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik (SBUJPTL) harus diurus dengan baik agar usaha menjadi legal. Sebelum anda berkunjung ke jasa SBU Murah Cepat listrik . Akan lebih baik kalau anda mengetahui badan usaha yang membutuhkan sertifikat tersebut. Anda harus tahu agar bisa melihat kategori dari usaha yang anda bangun. Dalam pasal 34 di Peraturan Menteri No. 05 Tahun 2014 yang mengatur mengenai tata cara akreditasi serta Sertifikasi Ketenaga Listrikan. Ada beberapa kategori yang mengharuskan badan usaha memiliki Sertifikat Badan Usaha, diantaranya ; Usaha konsultan instalasi penyedia tenaga listrik, pemasangan instalasi tenaga listrik, pengujian dan pemeriksaan instalasi, pengoperasian instalasi listrik serta pemeliharaan instalasi listrik.

Proses Penerbitan Sertifikat Badan Usaha Listrik DJK ESDM

Seluruh usaha yang mencangkup bebrpa kegiatan yang diberikan tadi merupakan jenis jasa penunjang tenaga listrik. Makanya harus ada sertifikat usaha khusus yang itu dikeluarkan secara resmi oleh kementrian ESDM melalui lembaga yang sudah ditunjuk.Usai anda paham beberapa syarat kegiatan usaha yang termasuk melibatkan aktivitas kelistrikan. Langkah selanjutnya yang dilakukan ialah segera mengurus Sertifikat Badan Usaha. Anda tidak bisa menganggap sebelah mata sertifikat ini. SBU sangatlah diperlukan oleh sebuah perusahaan.

Persyaratan Syarat yang Dipersiapkan dalam Pengajuan SBU

Pertama, SBU merupakan persyaratan yang nantinya akan anda pakai dalam melakukan permohonan untuk dapatkan Izin Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik (IUJPTL). Jadi SBU merupakan tahap awal bagi anda yang ingin melegalkan perusahaan yang dimiliki.

Kedua, SBU adalah sebuah bukti yang diakui sebagai formal/ legal bahwa badan usaha punya kompetensi di dalam melakukan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan bidangnya. Dalam hal ini kelistrikan dan penunjang dalam pengembangan di bidang kelistrikan. Ketiga, SBU bisa memberikan bonus keuntungan yang melombah nantinya. Karena dengan adanya sertifikat ini perusahaan bisa diikutkan dalam tender lembaga pemerintah bahkan proyek yang berhubungan dengan migas.

Bila melihat keuntungan tadi rasanya anda pasti akan segera mengurus. Harus disadari bagi para direktur atau penanggung jawab perusahaan bahwa SBU merupakan sertifikat yang sangat penting. Bagi yang ingin mengajukan permohonan maka anda harus memenuhi beberapa persyaratan yang diberikan. SBU yang dikeluarkan oleh Kementerian ESDM beda dengan PU. Makanya anda perlu klasifikasi terlebih dahulu toko termasuk dalam golongan yang mana. Kalau masuknya dalam hal kelistrikan maka berikut syarat administrasi yang harus dipenuhi dalam pembuatan SBU,

  • Dokumen pertama yang harus disiapkan ialah akta pendirian perusahaan atau badan usaha, sertakan perubahannya bila ada.
  • Surat penetapan perusahaan yang dikeluarkan secara hukum oleh Kementerian Hukum dan HAM.
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  • Lampirkan surat domisili perusahaan atau badan usaha
  • Identitas berupa fotokopi KTP atau sejenisnya dari pemohon yakni Direktur atau penanggung jawab perusahaan.
  • Sertakan Draf struktur organisasi dari perusahaan.

Itulah tadi beberapa persyaratan secara administratif yang harus anda penuhi.

Bisa dikatakan bahwa syarat yang ada tidak sedikit SBU Jasa Kontruksi yang umum. Akan tetapi hampir serupa prosedur yang harus dilalui. Sesuai dengan aturan yang sudah diresmikan secara hukum, bahwa induk badan usaha ini harus dipenuhi pula persyaratan secara teknis. Jadi ada dua persyaratan yakni administratif dan teknis. Keduanya harus lengkap dan dipenuhi, barulah lembaga yang mengeluarkan SBU dari Kementerian ESDM memberikan Sertifikat Badan Usaha untuk perusahaan tersebut. Berikut adalah persyaratan teknis yang harus perusahaan penuhi guna mendapatkan Sertifikat Badan Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik dan diakui secara hukum.

  • Orang yang bertanggung jawab secara teknik harus bekerja dalam waktu yang lebih dalam setiap sub bidang. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan melampirkan bebrpa dokumen. (1) sertifikat skill atau kompetensi yang didapatkan dari Lembaga Sertifikasi Kompetensi yang terakreditasi. (2) Surat yang membuktikan bahwa telah ditunjuk sebagai penanggung jawab teknis dari badan usaha dan dinyatakan sebagai pegawai tetap. (3) Surat Pernyataan yang menyatakan bahwa bekerja dengan waktu penuh oleh penanggungjawab teknik. (4) DRH atau daftar riwayat hidup. (5) identitas penanggung jawab fotokopi KTP.
  • Tenaga teknik mempunyai sertifikat kompetensi sesuai dengan sub bidang kelistrikan yang dikerjakan. Buktinya dengan menyertakan beberapa dokumen yakni ; (1) sertifikat skill Lembaga Sertifikasi Kompetensi yang terakreditasi. (2) penunjukan dari penanggung jawab sebagai pegawai tenaga teknik kelistrikan. (3) Surat penyataan tenaga teknik bekerja dengan waktu penuh. (4) Daftar Riwayat Hidup. (5) fotokopi KTP atau identitas diri.

Fungsi Jasa Pengajuan Sertifikat Bidang Usaha

Bisa anda lihat sendiri bagaimana persyaratan yang harus anda penuhi agar bisa mendapatkan SBU listrik. Secara langsung kalau dilihat dengan syarat yang dipenuhi sangatlah mudah. Anda tinggal mengumpulkan persyaratan secara administratif dan teknis tadi. Mungkin dalam waktu beberapa hari anda bisa mengumpulkan dokumen yang diperlukan. Namun, anda harus paham pula bahwa tidak hanya sampai di situ saja. Dokumen yang tadi telah diberikan, harus segera anda proses agar bisa mendapatkan sertifikat tersebut. Proses inilah yang terkadang banyak pada direktur perusahaan enggan melakukannya. Wajar saja, karena memang sangat panjang dan akan memakan waktu serta tenaga. Hal inilah yang kemudian menunjukan jasa SBU Murah Cepat listrik. Di kota besar proses mendapatkan sertifikat bisa sangat panjang dan berbelit-belit. Makanya solusi terbaik ialah dengan memakai saja semacam ini.

Penyedia Jasa SBU Listrik DJK ESDM Menjadi Sebuah Pilihan Perusahaan

Daya tawar apa yang kemudian membuat penyedia jasa semacam ini dijadikan sebuah pilihan perusahaan. Tentu saja banyak sekali yang bisa diperoleh untuk pembuatan SBU ini. Anda bisa melakukan proses pembuatan dengan prosedur yang lebih mudah. Tenaga ahli yang dipakai sudah berpengalaman dan profesional dalam mengurusi Sertifikat. Tidak hanya SBU, banyak sertifikat lain atau bahkan surat izin sekalipun.

Selain efektif, penyedia jasa SBU Murah Cepat juga sangat efisien. Terutama kalau anda melihat dari segi waktu. Tidak perlu memberikan waktu yang lama. Hanya 4 Minggu saja anda sudah melakukan pembuatan Sertifikat Badan Usaha yang anda perlukan. Kalau anda melakukan sendiri bisa jadi memakan waktu 1 -2 bulan bahkan bisa lebih dari itu.

Nah, yang paling menarik ialah daya tawar berupa jaminan. SBU yang dibuat dengan melalui jasa pengurusan akan dijamin legalitasnya. Sertifikat diskusi secara resmi dan dikeluarkan oleh lembaga di bawah Kementerian ESDM. Anda bisa menggunakannya dalam berbagai waktu sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Tentu saja itu harus disertai dengan kebutuhan dari badan usaha yang mendapat sertifikat tadi. Lanjut ke masalah yang paling sensitif yakni harga. Tidak perlu terlalu dalam, mengungkapkan mengenai harga. Banyak orang yang mengatakan harga tidak terlalu mahal.

Anda bisa membuktikan sendiri tentang berbagai ulasan tadi. Demikian informasi yang bisa diberikan kepada pembaca. Tidak perlu ragu lagi menggunakan jasa SBU Murah Cepat yang terdapat di sertifikasi.co.id