Menteri Bambang: Indonesia akan Bangun Ibukota Ideal


WE Online, Bandung

Pemerintah berencana memindahkan ibu kota negara di Jakarta  Rencananya, Indonesia akan membangun ibukota yang ideal di  luar pulau Jawa.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengatakan pemerintah juga sedang melakukan kajian akan kesiapan dengan melakukan survei ke beberapa lokasi untuk melihat status tanah dari wilayah tersebut. 

“Kita ingginya kalau pindah ibu kota tidak harus membebaskan lahan. Jadi lahannya harus sudah kita miliki dan kita juga memperhatikan ketersediaan air dan bebas bencana. Jadi ada syarat fisik dan non fisiknya,” paparnya kepada wartawan di Bandung, Jumat (29/9/2017)

Menurut Bambang, pemilihan wilayah yang akan dijadikan ibu kota dengan luas lahan 100 ribu hektar untuk dijadikan ibukota tersebut dilihat berdasarkan tingkat kerawanan bencana.

Bambang menjelaskan pembangunan Ibu kota baru ini dengan mendirikan kota baru yang ideal di Indonesia karena kota-kota yang selama ini dijadikan ibu kota masih kurang ideal jika dilihat dari infrastruktur dasarnya dan standar kotanya. Salah satu syarat untuk membangun kota yang ideal adalah memerlukan wilayah yang cukup luas.

“Kita cari wilayah yang paling minim bencana unuk dijadikan ibu kota. Kita ingin membangun ibukota yang ideal di Indonesia,” ucapnya. 

Pemerintah tidak bisa menargetkan proses pembangunan ibu kota baru. Pasalnya masih menunggu hasil kajian lokasi, desain kota dan skema pembiayaan pembangunan. 

Beberapa negara lain yang ibu kotanya berpindah lokasi misalnya Khazastan, Brazil, Nugeria dan Myanmar.

“Kemarin saya baru dari Seoul Korea Selatan. Mereka juga sedang proses perpindahan ibu kota,” pungkasnya.

Related Posts

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Pelajari segala hal tentang Jenjang SKK Konstruksi, termasuk manfaatnya, perpanjangan, syarat administrasi, level, dan cara ceknya. Gaivo Consulting m...