Palapa Ring Perkuat Infrastruktur Telekomunikasi


WE Online, Bandung

Direktur PT Telekomunikasi Indonesia Alex J Sinaga mengatakan pembangunan Proyek palapa ring mampu memperkuat infrastruktur telekomunikasi khususnya di daerah yang diinilai tidak layak secara bisnis digital atau kekurangan operator telekomunikasi. 

Menurutnya, Palapa Ring paket barat direncanakan akan beroperasi akhir kuartal I tahun 2018. Adanya  paket pembangunan pala Ring maka ke 37 kabupaten kota yang selama ini belum terlayani oleh pita lebar.

“Adanya palapa ring paket barat, maka daerah itu akan menikmati internet cepat,” katanya kepada wartawan di Bandung, Rabu (26/8/2017).

Alex menyebutkan dengan fasilitas internet yang cepat di setiap daerah maka akan menuntut adanya kesiapan dan peningkatan tingkat literasi masyarakat.

“Konsekuensinya akses cepat terhadap internet cepat ini memmbuuhkann kesiapan dan peningkatan tingkat literasi masyarakat di daerah tersebut,” ujarnya

Seperti diketahui saat ini tengah terjadi frasa senjakala artinya akan terjadi pergusuran dalam pemakaian praktek-praktek lama. 

“Pada saat yang sama kita menemukan frase distruksi untuk menjrlaskan praktek bisnis baru,” ujarnya.

Adapun, Direktur Utama PT Pos Indonesia, Gilarsi W Setiono menjelaskan kondisi itu terjadi di tanah air. Namun berdampak positif bagi kehidupan masyarakat. 

Dia mencontohkan munculnya aplikasi transportasi yang berhasil menyediakan berbagai layanan bahkan kini merambah di dunia financial technologi (fintech).

Ada juga tokoh daring yang berhasil memindahkan jutaan traksaksi tradisional masyarakat melalui e-commerce.

“Untuk itu, PT Pos Indonesia memiliki peluang besar agar terlibat dalam era digitalisasi ini,” ujarnya. 

Sesuai dengan amanat Perpres No 74 Tahun 2017 PT Pos didorong untuk bertransformasi bisnis menjadi perusahaan modern dan berdaya saing tinggi karena ke depannya akan mengandalkan bisnis logistik yang berbasis elektronik. 

“Jaringan luasnyang sudah dimiliki PT Pos Indonesia juga sangat menguntungkan untuk menggelar transaksi keuangan untuk mengimbangi teknologi finansial. Diharapkan berkontribusi pada akselerasi financial inclutions di Indonesia,” pungkasnya. 

Related Posts

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Jenjang SKK Konstruksi LPJK

Pelajari segala hal tentang Jenjang SKK Konstruksi, termasuk manfaatnya, perpanjangan, syarat administrasi, level, dan cara ceknya. Gaivo Consulting m...